Rabu dalam Pekan Biasa XIV, 8 Juli 2015


Kej 41: 55-57  +  Mzm 33  +  Mat 10: 1-7



Lectio

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.  Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,  Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,  Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.  Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: 'janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,  melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'.

 

 

 


Meditatio

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.  Itulah kuasa yang diberikan Yesus kepada keduabelas muridNya. Mereka mempunyai power dalam penggembalaan bersama Yesus. Namun tak dapat disangkal, iman kepercayaan setiap orang, terlebih konkritnya dalam doa, tetap diperlukan dalam menjabarkan anugerah yang dilimpahkan Tuhan. Itulah yang dirasakan mereka ketika tidak merasa mampu mengusir setan yang dihadapi umatNya. Yesus menegaskan: 'karena kamu kurang percaya. Sebab jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa' (Mat 17: 19-21). Apalagi kalau kita tidak mau mendengarkan sabda dan kehendak Dia sendiri yang memberikan rahmatNya. Mereka akan mudah condong juga kepada kejahatan insani (bdk Mat 7).

'Inilah nama kedua belas rasul itu: pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,  Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,  Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia'. Mengapa Yesus memilih mereka dan bukan orang lain? Itulah sabda dan kehendak Tuhan sendiri. Kita sulit mengertinya. Ini perlu kita pertanyakan, karena ada banyak orang lain yang sepertinya lebih baik dan pandai dari mereka? Yang Yesus pilih, juga semuanya bukanlah orang baik; seperti Yudas Iskariot. Mengapa Yesus memilih dia? Bukankah Yesus sudah tahu siapa yang akan menyerahkan diriNya? Yesus menerima apa adanya orang-orang yang dipilihNya. Keduabelas rasul adalah kelanjutan dari keduabelas suku Israel, yang dipilihTuhan Allah. Dalam kitab Kejadian bab 41 juga ditampakkan keberadaan mereka yang berusaha mencari dan mengutamakan kepentingan diri sendiri, yang memang pada akhirnya mereka harus taat pada adik bungsu mereka yang bernama Yusuf. Kesebelas orang hebat itu harus tunduk pada diri Yusuf yang pernah mereka buang dan sia-siakan itu.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka:  'janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,  melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel'. Israel harus didahulukan, karena memang mereka bangsa terpilih, umat milik Allah. Mereka dilarang masuk ke kota Samaria, bukan karena kedua suku ini saling berlawanan dan bertentangan (lih. Yoh 4), melainkan semata-mata guna menunjukkan Allah hendak mencari orang-orang, umat yang dikasihi, yang tercerai-berai dan diundang kepada suatu pertobatan, kembali kepada Bapa sang Empunya kehidupan. Bukankah juga keselamatan datang dari Israel, sebagaimana dikatakan Yesus sendiri dalam percakapanNya dengan seorang Samaria?  Sebab memang dalam kenyataan Yesus Tuhan menghendaki agar semua orang beroleh selamat.

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat', tegas Yesus kepada mereka, hal itu dikatakan karena memang mereka diutus pergi hanya untuk mendahului Yesus yang akan mengunjungi daerah-daerah mereka.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus, kami bersyukur untuk rahmat yang begitu besar dalam hidup kami, dengan segala kelemahan kami, Engkau tetap memilih dan mengangkat kami menjadi murid-muridMu. Sertailah kami selalu, agar di manapun kami berada, kami sanggup mendatangkan sukacita bagi sesama, sehingga namaMu dipermuliakan. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat',

 

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening