Rabu dalam Pekan Biasa XV, 15 Juli 2015

Kel 3: 1-12  +  Mzm 103  +  Mat 11: 25-27





Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: 'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.  Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.  Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'.





Meditatio

'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil', seru Yesus dalam doaNya kepada Bapa. Yesus bersyukur kepada Bapa di surga, karena telah memilih orang-orang kecil untuk menerima karunia indah dalam hidup mereka. Bapa tidak memberikan kepada mereka yang sudah bijak dan pandai, yang sudah mapan hidupnya. Maka benarlah apa yang pernah diserukan Maria dalam kidungnya, bahwa Allah memperhatikan kerendahan hambaNya. Dia  akan mengangkat orang  yang hina, dan menceraiberaikan orang-orang yang angkuh hatinya. Maria telah menyadari sungguh, bahwa Tuhan Bapa di surga selalu membuat hal yang baik dan indah bagi umatNya. Mengapa Yesus memilih orang-orang kecil untuk menerima penyataan diriNya? Apakah Tuhan pilih kasih? Apakah orang yang dahulu menderita akan menikmati sukacita sebagaimana diceritakan dalam perumpamaan si miskin Lazarus dan orang kaya, di mana Lazarus duduk di pangkuan Abraham, tetapi tidaklah demikian dengan orang kaya itu? Memang adalah hak Tuhan untuk memilih orang-orang yang dikasihiNya; 'ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu', tetapi tak juga dielakkan bahwasannya mereka yang kecil dan terpinggirkan adalah orang-orang yang selalu meminta bantuan dari Tuhan.

Seorang Musa yang memang seorang penggembala kambing dan domba juga dipilih oleh Allah untuk membebaskan Israel dari kesengsaraannya. Siapakah aku ini sehingga Engkau memilih aku, kata Musa. 'Bukankah Aku menyertai engkau. Inilah tandanya bagimu bahwa Aku mengutus engkau, yakni apabila engkau telah keluar membawa bangsa ini keluar dari Mesir, maka kalian akan beribadah di gunung ini (Kel 3: 12).

'Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku'.  Yesus menjadi Pewaris utama segala yang baik dan indah itu; dan semuanya akan diberikan kepada umat manusia melalui Yesus Kristus. Peristiwa inkarnatif adalah peristiwa penyataan Tuhan  Bapa di surga bahwa segalanya akan dikonkritkan di dunia ini dalam nama Yesus Kristus. Penjelmaan Kristus adalah wujud nyata dari kasih Allah yang memberi dan memberi. 

Segala sesuatu akan dinyatakan Bapa di surga melalui Yesus Kristus, karena memang segala sesuatu telah diserahkan kepadaNya, demikian pula pengenalan akan Bapa juga terjadi dalam Yesus Tuhan, sang Putera yang menjadi manusia. 'Tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'. Hal itulah yang dikatakan Yesus juga bahwa tidak ada orang yang sampai Bapa kalau tidak melalui Dia (Yoh 14). Sebab memang Dialah jalan, kebenaran dan hidup.





Oratio

Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur kepadaMu atas segala yang indah yang Engkau limpahkan kepada kami. Semoga hari demi hari kami semakin berani mengakui bahwa semuanya itu juga Engkau limpahkan kepada banyak orang. Amin.





Contemplatio 

'Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu'.










Oremus Inter Nos, 
Marilah kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening