Senin dalam Pekan Biasa XVI, 20 Juli 2015


Kel 14: 5-18  +  Mzm  +  Mat 12: 38-42



Lectio

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."  Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.  Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

 

 


Meditatio

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu".  Itulah permintaan orang-orang Farisi dan para ahli Taurat kepada Yesus. Mengapa mereka meminta seperti itu? Apakah mereka belum percaya dengan segala  sesuatu yang telah dikerjakanNya? Apakah mereka memang hendak menantang sang Guru? Menanggapi mereka,  berkatalah Yesus kepada mereka: "angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus". Mengapa tanda Yunus yang menjadi ukuran bagi mereka? Adakah maksud Yesus secara istimewa?  "Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam", tegas Yesus. Yunus dipilihNya, mengingat tiga hari Paskah yang hendak dikerjakanNya kelak. Misteri Paskah dalam tiga hari akan dikerjakanNya, sebagaimana Yunus yang pernah berada dalam perut ikan, demikian juga Dia akan berada tiga hari dalam perut bumi. 

"Pada waktu penghakiman, pertama, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus. Kedua, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo. Mereka mencari dan mencari. Mereka mencari Yunus dan Salomo, padahal  yang ada di sini lebih dari pada Yunus ataupun Salomo. Yang ada di sini pun lebih besar dari Elia, seorang nabi yang pernah menantang para nabi Baal, sebab memang dia sendiri merasa bahwa Tuhan Allah adalah Allah yang hadir dalam kerendahan hatiNya yang amat mendalam. KehadiranNya yang lebih lembut lagi dari angin sepoi-sepoi, sebagaimana dirasakan oleh Elia (1Raj 19), malah meminta agar orang-orang yang mengalami tanda dan berkatNya tidak memberitakan siapakah diriNya (Mat 12: 16-21). Seharusnya kalian semua lebih berani mendengarkan dan mendengarkan Anak Manusia yang hadir di tengah-tengah umatNya;  hanya saja memang Yesus mengakui bahwa 'iman yang diharapkanNya itu tidak pernah dijumpaiNya  pada seorang pun di antara orang Israel' (bdk. Mat 8: 10).

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami tahu Engkau agung dan mulia. Engkau melebihi Yunus, Salomo dan Elia. Maka ajarilah kami untuk semakin berani datang kepadaMu dan berserah diri kepadaMu, sebab hanya padaMulah ada kehidupan dan keselamatan. Semoga segala karuniaMu membuat kami semakin dekat padaMu.

Nabi Elia doakanlah kami.

 

 

Contemplatio

'Yang ada di sini lebih dari pada Yunus ataupun Salomo, bahkan Elia'.

 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening