Pesta Santo Bartolomeus, 24 Agustus 2015


Why 21: 9-14  +  Mzm 145  +  Yoh 1: 45-51



Lectio

 Suatu hari Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."  Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"  Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."  Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"  Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."  Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

 

 

 

Meditatio

'Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret', kata Filipus kepada Natanael. Filipus yang dipanggil langsung oleh Yesus, sekarang dia hendak berbagi kepada Natanael. Dia merasa menemukan sesuatu yang indah dan agung. 'Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?', sahut Natanael. Mengapa dia berkata demikian? Tidak adakah memang yang luhur dan mulia yang datang dari Israel? Apakah dia memperkirakan bahwa Yang datang dan didambakan oleh banyak orang itu berasal dari Betlehem, tempat kelahiran raja Daud? Apakah dia tidak pernah membaca bahwa Seseorang keturunan Raja Daud itu dibesarkan di Nazaret, sehingga banyak dipanggil orang Nazaret? 'Mari dan lihatlah!', sahut Filipus, yang sepertinya tidak mau tahu dengan sejarah. Pokoknya dia telah menemukan Dia yang dirindukan banyak orang. Filipus tidak banyak tahu tentang Yesus yang memanggil dirinya, tetapi dia merasakan mendapatkan yang indah dan mulia dari Orang Nazaret ini.

Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: 'lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'. Yesus berkata demikian, karena memang pasti tahu setiap diri umatNya.  Kata Natanael kepada-Nya: 'bagaimana Engkau mengenal aku?'. Hebat juga orang satu ini. Dari mana Dia tahu dna kenal saya? Bukankah baru sekarang ini kita berjumpa?  'Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara'. Aku telah melihat engkau terlebih dahulu. Apakah Yesus waktu itu sedang berjalan-jalan sehingga sempat melihat Natanael? Namun tak dapat disangkal, Yesus mampu melihat setiap orang, umat yang dikasihiNya.

'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!', kata Natanael kepada Yesus. Apakah Natanael merasa bahwa beberapa hari ini dia tidak melihat segerombolan orang lewat? Apakah  sekarang Natanael mengakui sungguh bahwa ternyata ada juga Orang hebat dari Nazaret?  Yesus menjawab, kata-Nya:  'karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya?'.  Benar juga pertanyaan balik Yesus ini. Apakah hanya karena telah dilihat Yesus terlebih dahulu maka dirinya percaya? Apakah karena merasa kalah dengan sang Guru maka dia percaya kepadaNya? Apakah kebanggaan Natanael itulah yang membuat dia percaya kepada Yesus? Bukankalah peristiwa itu amat sederhana: dilihat Yesus terlebih dahulu? Yesus yang mampu memandang dirinya sebenarnya itulah yang membuat Natanael percaya kepadaNya. Kejujuran yang dirasakan Yesus itulah yang membuat dia percaya kepada Yesus. Yesus benar-benar tahu siapakah dirinya; itulah yang membuat Natanael percaya kepadaNya.  'Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu', tegas Yesus, 'sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Kiranya peristiwa seperti itulah yang seharusnya membuat Natanael bangga dan bersukacita: melihat Yesus dalam kemuliaanNya, yakni para malaikat naik turun kepadaNya, dan memang itulah yang nantinya akan dinikmati oleh Natanael.

 

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur karena dapat menikmati rahmatMu yang begitu besar dalam hidup kami, Engkau yang sungguh mengenali kami satu persatu, karena Engkaulah sang Kehidupan. Kiranya lewat setiap peristiwa hidup ini  memampukan kami semakin mengenal Engkau sebagai Sumber hidup kami.

Santo Bartolomeus, doakanlah kami. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening