Selasa dalam Pekan Biasa XXIX, 20 Oktober 2015


Rom 5: 12-21  +  Mzm 40  +  Luk 12: 35-38

 

 

 

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.  Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.  Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.  Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka'.

 

 

 

Meditatio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala'. Sebuah penyataan agar para murid, kita semua dalam keadaan siaga selalu, tidak lengah dan merasa kosong, tetapi selalu dalam keadaan stand by.  Berikat pinggang dan membawa pelita memang adalah penampilan konkrit seorang hamba yang setia menunggu kedatangan tuannya. Mohon dimengerti pada jaman itu tidaklah seperti sekarang ini. Kita semua diajak untuk siap melakukan segala sesuatu yang diminta; pahit dan manis, menyenangkan atau tidak, semuanya hendaknya siap kita lakukan. Bagaikan  'orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya'. Hamba yang berjaga selalu menyenangkan hati sang tuannya.  'Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang'. Dan sungguh akan terjadi, tegas Yesus,  'Aku berkata kepadamu: ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka; dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka'. Bukan hamba itu yang melayani tuannya, malah tuannya akan melayani mereka, sebagai rasa terima kasih dan syukur atas kebaikan yang mereka kerjakan.

Apa yang sebenarnya diminta Tuhan Yesus dengan Injil hari ini? Minimal kita diminta menjadi orang-orang yang setia akan tugas dan panggilan kita. Sebagaimana seorang hamba yang memang harus berjaga dan melayani tuannya, demikian kita hendak setia atas tugas dan panggilan kita masing-masing. Hendaknya kita tidak memandang remeh dan sederhana tugas kita dan membandingkannya dengan tugas lainnya. Semuanya mempunyai peran yang berbeda satu dengan lainnya. Kiranya santo Paulus dalam suratnya kepada umat di Roma (bab 12) dan surat yang pertama kepada umat di Korintus (bab 12) mengingatkan, agar semakin menyadari bahwa semuanya itu digerakkan oleh satu roh yang satu dan sama; memang sejauh kita menyadarinya sebagai panggilan dan tugas perutusan yang dipercayakan Allah kepada kita.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, bantulah kami agar siap selalu dalam melayani Engkau dan kedapatan setia ketika menantikan kedatanganMu. Ya Roh Kudus, dampingilah selalu agar pelita iman kami senantiasa menyala. Semangatilah kami juga dalam bekerja, agar kami dapat mengembangkan diri kami sebagaimana yang Engkau harapkan.  Amin

 

 

 

Contemplatio

'Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala'.

 

 

 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening