Jumat dalam Pekan Paskah IV, 22 April 2016

Kis 13: 26-33  +  Mzm 2  +  Yoh 14: 1-6

 

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berseru kata-Nya: 'janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.  Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

 

 

Meditatio

'Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku', tegas Yesus. Percaya kepada Siapa saja sama, karena Aku dan Bapa adalah Satu. 'Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu'. Yesus mengatakan segala yang diketahuiNya dengan jujur. Yesus hanya menampaikan segala yang didengar dan dilihatNya dari Bapa. Dia tidak menambah atau menguranginya.  'Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu'. Mengapa Yesus berkata demikian? Apakah selama ini Dia tidak berasal dari rumah Bapa? Mengapa Dia harus menyiapkan tempat segala? Apakah Bapa tidak bisa menyiapkan sendiri? Apakah semua ini hanya sekedar bahasa sehari-hari agar mereka semua yang mendengarkannya dapat mengerti?   'Apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada'. Yesus menghendaki semua orang, kawanan domba yang dimilikiNya selalu tinggal bersamaNya. Malah tempat tinggalnya adalah di rumah milikNya, dan bukannya di tempat kita, umatNya berada. Mengapa? Bukankah rumah kita kelak akan dibongkar?  Bukankah memang 'Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia' (2Kor 5: 1).

'Ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ', kata Yesus memastikannya. 'Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?', sahut Tomas kepadaNya. Sepertinya Tomas belum mengerti apa yang dimaksudkan sang Guru. 'Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku', tegas Yesus. Untuk beroleh selamat, untuk beroleh tempat tinggal di rumah Bapa, untuk sampai kepada keselamatan, untuk sampai kepada Bapa sendiri sang Empunya tempat tinggal, setiap orang harus berurusan dengan Yesus, sebab memang hanya melalui Dialah setiap orang akan dapat berjumpa dengan Bapa. Bagaimana dengan mereka yng tidak mengenal Kristus Tuhan? Tuhan Allah pasti akan menyelamatkan semua orang yang berkenan kepadaNya. Dia mengundang dan mengundangnya kepada keselamatan, dan semua orang akan diselamatkan dalam Yesus Kristus. Bagaimana caranya dan kapan terjadi, Tuhan Allah yang tahu, Tuhan Allah akan atur, dan tentunya kita tidak perlu mempersoalkannya. Itu hak prerogative Tuhan Allah. Allah menghendaki semua orang beroleh selamat. Tuhan Allah mempunyai program, kita tinggal mengamininya saja.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkaulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ajarilah kami untuk semakin berani mengikuti Engkau, sebab hanya padaMulah semua orang akan mendapatkan keselamatan. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'.

 

 





Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012