Pesta Santo Markus Pengarang Injil, 25 April 2016

1Pet 5: 5-14  +  Mzm 89  +  Mrk 16: 15-20

 

 

 

Lectio

Pada waktu ituYesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,  mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.  Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

 

 

 

Meditatio

Ada beberapa pesan yang dapat kita ambil dari Injil hari ini. Pertama, 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'. Injil, kabar sukacita harus diwartakan pada segala ciptaan, karena memang semua ciptaan adalah milik Tuhan. Injil akan memperbaharui seluruh ciptaan dalam kasihNya. Kedua, 'siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'. Kepercayaan kepada Tuhan mendatangkan keselamatan. Percaya kepada Tuhan Allah akan membuat hidup ini semakin indah dan menyenangkan. Kepercayaan membuat hidup penuh makna. Baptisan disebutkan karena penulisan Injil ini amat intensional, yakni kepada orang-orang yang percaya kepada Kristus Tuhan. Ketiga, 'tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,  mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh'. Kepercayaan kepada Injil mendatangkan berkat dan keselamatan. Hidup terasa indah. Tanda-tanda yang diperoleh sebagai tanda-tanda yang membahagiakan, tetapi tekanan bukan pada tanda-tanda, melainkan pada keselamatan yang dirundukan oleh setiap orang.

Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.  Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Markus mencatat semuanya dengan sederhana dan singkat, karena memang dia mengingatkan orang-orang yang telah percaya kepada Kristus Tuhan untuk semakin setia kepadaNya. Yesus Orang Nazaret itu adalah Kristus Tuhan, karena memang Dia datang ke dunia secara tersembunyi. Dia datang sebagai Manusia dan hidup di tengah-tengah umatNya, demi keselamatan seluruh umat manusia.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau hadir di tengah-tengah umatMu, bukan dengan membuat kejutan di sana-sini. Engkau hadir secara tersembunyi dalam diri Orang Nazaret. Ajari kami, ya Yesus, untuk menemukan Engkau dalam kesehariaan hidup kami.

Santo Markus, doakanlah kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'.

 

 

 






Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012