Sabtu dalam Pekan Paskah V, 30 April 2016

Kis 16: 1-10  +  Mzm 100  +  Yoh 15: 18-21

 

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku'.

 

 

 

Meditatio

'Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu', tegas Yesus. Yesus telah mendahului mengasihi kita, sebaliknya Dia malah terlebih dahulu ditolak dan dibenci oleh dunia. Mengapa? Bukankah dunia dan seisinya ini adalah ciptaanNya? Dunia sebagaimana dikatakan Yohanes di sini, bukanlah dunia sebagaimana bumi dan isinya ini tercipta, melainkan segala yang bersifat sementara dan fana  inilah dunia yang dimaksudkan. Mereka itu tidak abadi, amat lahiriah dan insani, menolak segala yang bersiafat ilahi. Dengan berkata demikian, tentunya Yesus mengajak para muridNya, kita semua, untuk tidak gelisah, kuatir, dan bahkan takut kepada dunia.  'Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya, tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu', lanjut Ysus menegaskan semuanya itu. Keberanian seseorang mengikuti Yesus berarti membebaskan diri dari kepemilikan dunia. Membiarkan diri dipilih oleh Yesus memang amat menyenangkan dan memberikan sukacita, tetapi tidak dapat disangkal setiap orang akan mendapatkan perlawanan dari dunia itu sendiri. Keselamatan adalah sebuah pilihan.

'Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya'. Sebuah rumusan umum. Seorang hamba memang lebih rendah daripada tuannya. Namun tak dapat disangkal, seharusnya tantangan dan kesulitan yang diterima oleh seorang tuan tentunya  lebih berat dan harus lebih berani dipertangungjawabkan daripada para hambanya. Segala yang dialami diriNya juga akan dialami oleh para muridNya, tetapi memang tidak sebanding dengan yang telah dialamiNya. Itulah penegasan Yesus kepada para muridNya agar siap sedia menerima segala yang tidak mengenakkan dan menantang itu.  'Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'. Kendati demikian, para muridNya diminta untuk berani menerima segala yang tidak mengenakkan, karena 'semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku', tegas Yesus kepada para muridNya, dan kepada kita semua.

Kembali dengan penyataanNya tadi, Yesus mengingatkan agar para murid untuk tetap setia tinggal dalam kasihNya, melakukan segala yang diperintahkanNya. Tinggal dalam kasihNya memang tidak membuat seseorang merasa dimanjakan dan bebas dari segala problema kehidupan, melainkan tetap adanya aneka tantangan hidup nyata, karena memang para murid dan kita semua, hidup di tengah-tengah dan dalam dunia ini. Kenyataan dunia memurnikan iman kepercayaan seseorang, dan kasihNya tetap melindungi setiap orng yang percaya kepadaNya. 'Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat' (Yoh 17: 15), doa Yesus bagi kita orang-orang yang percaya kepadaNya.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau selalu melindungi kami dalam menikmati hidup di dunia ini. Teguhkanlah diri kami agar tidak mudah tenggelam dalam kenyataan dunia yang memang lebih menarik, tetapi menjauhkan diri daripadaMu. Yesus, teguhkanlah iman kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012