Pesta Santo Filipus dan Yakobus, Rasul-rasul Kristus, 3 Mei 2016

1Kor 15: 1-8  +  Mzm 19  +  Yoh 14: 6-14

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus menegaskan juga, kata-Nya: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."  Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."  Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.  Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.  Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

 

 

 

Meditatio

'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'. Penyataan Yesus ini menegaskan sungguh siapakah diriNya. Hanya melalui Dia semua orang mendapatkan keselamatan. Mengapa harus melalui Dia? Karena memang Yesus Kristus adalah Allah yang menjadi Manusia dan datang hanya untuk menyelamatkan seluruh umatNya. Dia datang secara sengaja menyebut diriNya dengan nama Yesus, karena memang Dia datang untuk menyelamatkan umatNya, dan bukan untuk menghakiminya.

Karena itu dengan tegas pula Yesus menambahkan: 'sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia'. Mengapa bisa begitu? Karena memang Bapa ada dalam Anak, dan Anak ada dalam Bapa, maka barangsiapa melihat dan percaya kepadaNya berarti melihat dan percaya kepada Bapa yang mengutusNya.  Kata Filipus kepada-Nya: 'Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami'. Entah kenapa Filipus bertanya demikian, apakah dia tidak mendengarkan dengan hati apa yang dikatakan Yesus dalam pengajaranNya selama itu? Apakah dia hanya ingin mengklarifikasi pengetahuan dirinya?     

'Filipus, Filipus, telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa', tegas Yesus mengingatkan Filipus.  'Bagaimana engkau berkata: tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?'. Sekali lagi, semua telah dikatakan Yesus sebelumnya. Aku dan Bapa adalah satu.  'Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.  Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri'. Paragraph ini agak membingungkan. Dikatakan bahwa Yesus mengatakan sesuatu bukan dari diriNya sendiri, tetapi tiba-tiba beralih pada hal Bapa melakukan pekerjaan-pekerjaanNya, dan kemudian Yesus menegaskan diriNya ada dalam Bapa, dan Bapa ada dalam Dia. Tentunya kita permudah saja, bahwa yang dikatakan dan dilakukan Yesus adalah segala yang dikatakan, dikerjakan dan dikehendaki Bapa. Yesus hanya melakukan segala kehendak Bapa. Hanya Dia yang berasal dari Bapa dapat melakukan pekerjaan-pekerjaanNya. Namun tak dapat disangkal, Yesus menambahkan: 'sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu'. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan Yesus ternyata dapat juga dilakukan oleh setiap orang yang percaya kepadaNya, bahkan pekerjaan yang lebih besar. Apakah contohnya, yang sempat kita dengar dalam pengalaman sejarah Gereja? Lebih dari itu semua, bahwa Yesus akan melakukan dalam diri setiap yang percaya dan berani meminta daripadaNya. Yesus juga akan melakukan segala yang diinginkan orang-orang yang percaya kepadaNya. Karena itu, Yesus menegaskan pula:  'apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.  Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya'. Kepercayaan akan Yesus membuat Yesus sendiri melakukan segala sesuatu yang diinginkan oleh seorang umatNya. Tepatlah kalau Paulus berani berkata aku hidup, tetapi Kristuslah yang hidup dalam diriku, karena semua yang dilakukan Paulus selalu dimintanya dalam nama Yesus Kristus.

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau adalah Allah sendiri yang datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia. Teguhkanlah iman kami kepadaMu, untuk semakin berani melakukan kehendakMu, sebab Engkau sendiri yang adalah Bapa menghendakinya.

Santo Filipus dan Yakubus, doakanlah kami. Amin

 

 

Contemplatio

'Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya'.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening