Rabu dalam Pekan Paskah VI, 4 Mei 2016

Kis 17: 22 – 18:1  +  Mzm 148  +  Yoh 16: 12-15

 

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus menegaskan juga, kata-Nya: 'masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'.

 

 

 

Meditatio

'Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya'. Penegasan Yesus ini hendak menyatakan bahwa pewahyuan Allah belumlah selesai dengan kedatanganya di tengah-tengah umatNya; walau tak dapat disangkal, seluruh pewahyuan Allah telah mencapai puncaknya dalam diri Yesus Kristus, karena memang Dia adalah Allah sendiri yang datang dalam diri manusia. Pewahyuan dan penyertaan Allah akan terus berlangsung, karena kasihNya menyertai setiap orang tanpa terkecuali sampai akhir jaman. Pewahyuan Allah terus berlangsung sampai akhir jaman, bahkan Dia akan datang lagi untuk kedua kalinya dengan membawa mahkota keselamatan. 

'Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang'. Roh Kebenaran yakni Roh Kudus sendiri akan melanjutkan karya penyelamatan Allah. Dia akan bersaksi tentang Yesus, tentang Allah, karena kehadiran Roh Kudus adalah kehadiran Allah sendiri.  'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Kehadiran Yesus Kristus selama ini, yakni selama Dia hidup dalam kasih keluarga Nazaret, yang memang mau mengikatkan diri dalam ruang dan waktu, kini Dia perbaharui, dan akan selalu hadir dalam RohNya sendiri yang kudus. Kehadiran Roh Kudus adalah kehadiran Kristus sendiri. Pewahyuan diri Allah akan terus dilanjutkan dalam kehadiran RohNya yang kudus, yang dikonkritkan dalam Tradisi dan Kitab Suci, yang semuanya akan selalu berpusat pada kehendak Allah sendiri yang menyelamatkan. Segala bentuk pewartaan yang berlawanan dan menentang Allah tentunya bukanlah kelajutan dari pewagyuan kasih Allah, karena memang pewahyuan kaihAlleah selalu bersumber pada Allah, dalam kasih dan kehadiranNya, dan berujung pada keselamatan seluruh umat Allah.

Injil hari ini mengingatkan kita semua bahwa karya keselamatan Allah terus dikumandang dalam diri umatNya, 'sebab kita ini dari keturunan Allah' (Kis 17 28). Karya penyelamatan allah tidak berhenti pada kehadiranNya secara historis dalam sejarah umat manusia, melainkan dalam kehadiran RohNya kudus sendiri yang memang akan mendampingi dan menlanjutkan karya penyelamatan itu.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau memang selalu akan hadir dalam diri kami umatMu dalam kehadiranMu sendiri yang kudus, yakni RohMu yang menyelamatkan. Ajarilah kami selalu, agar kami ini mau merasakan bahwa keterbukaan diri akan karya Roh Kudus mengkondiskan diri menjadi orang-orang yang diselamatkan. Amin.

 

 

Contemplatio

'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'.

 

 




Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012