Sabtu dalam pekan Paskah VI, 7Mei 2016

Kis 18 : 23-28  +  Mz 47 + Yoh 16 : 23b-28

  

Lectio

Yesus bersabda: 'pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.  Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.

  

 

Meditatio

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu'.  Yesus menekankan adanya suatu hubungan khusus antara Yesus dan Bapa, yang memang adalah satu. Jalan baru kepada Allah terbuka bagi kita melalui diri Yesus Kristus. Di dalam namaNyalah kita meminta dan menerima. 'Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu'. Kita layaknya seorang anak yang percaya kepada bapanya dan meminta kepadanya, tetapi janganlah lupa 'jadilah menurut kehendakMu'.

'Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan'.  Apakah yang dimaksud Yesus dengan kiasan? Apakah selama ini pengajaran yang diberikanNya hanya kiasan melulu? Tidaklah begitu, karena memang Yesus berkali-kali menyatakan secata terus terang tentang siapakah diriNya, terlebih di hari-hari semakin mendekatnya Dia menyatakan kemulianNya. Yesus mengatakan terus terang kepada murid-muridNya, bahwa Dia datang dari Allah, seperti yang kita renungkan pada hari Kenaikan Yesus, bahwa Dia naik ke surga, karena memang Dialah yang telah turun dari surga (Yoh 3: 13).

'Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu.  Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa'. Mengapa Yesus mengatakan seperti itu, bahwa Dia meminta bagi kita kepada Bapa? Apakah karena image yang kurang benar selama ini tentang Allah Bapa? Yesus mau mengubah pandangan selama ini.  'Sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Dialah Allah sendiri yang penuh kasih itu yang selama ini tidak dapat dijangkau oleh pikiran manusia. 'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.

'Pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu'. Itulah penegasan Yesus pada Injil kemarin kepada murid-muridNya, dan memang itulah yang membuat para murid pun tidak bertanya-tanya ataupun gelisah ketika Yesus terangkat ke surga. Mereka semua sudah tahu dengan baik siapakah Guru yang mereka percayai itu.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, teguhkan iman kami kepadaMu agar semakin berani memohon dan berharap kepadaMu. Sebab hanya dalam namaMu kami beroleh keselamatan dan menikmati kemuliaan bersamaMu. Amin



Contemplatio

'Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu'.

 

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012