Minggu dalam Pekan Biasa XVII, 24 Juli 2016


Kej 18: 20-23  +  Kol 2: 12-14  +  Luk 11: 1-13

 

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."  Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.  Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya  dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti,  sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;  masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.  Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.

Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

 

 

 

Meditatio

'Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.  Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya  dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan', kata Yesus kepada para muridNya. Yesus mengajarkan sebuah doa, karena para muridNya meminta: 'Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya'. Doa yang amat popoler, dan kita kenal sebagai doa Bapa Kami. Sebuah doa yang diajarkan Yesus. Apakah Yesus tidak mengajarkan sebuah doa, jikalau memang para muridNya tidak memintaNya? Yesus memang sepertinya tidak pernah mengajarkan doa kepada para muridNya. Dia pun selalu berdoa seorang diri. Yesus tidak pernah mengajak para muridNya berdoa bersama. Apakah kalau seseorang selalu berkomunikasi dengan Yesus berarti tidak perlu berdoa lagi? Orang yang selalu berdoa adalah orang yang tidak pernah berkomunikasi dengann Tuhan Yesus?

'Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti,  sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;  masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.  Aku berkata kepadamu: sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya'. Sebuah contoh agar para murid, kita semua tidak henti-hentinya, dan tidak usah malu dalam meminta dan meminta kepada Tuhan Bapa di surga. Abraham pun tidak malu-malunya berdoa dan berdoa kepada Bapa di surge untuk mendapatkan pengampunan bagi umatNya yang telah jatuh dalam lumpur dosa (Kej 18: 20-23).

'Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu', tegas Yesus kepada para mridNya.  'Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan'. Itulah jaminanyang diberikan Yesus kepada para muridNya, kepada kita semua. 'Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!'.  Tuhan Bapa di surge itu mahabaik bagi setiap orang yang berani dan berani memintaNya, bahkan 'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'. Roh Allah sendiri, RohNya yang kudus diberikan kepada setiap orang yang memintanya.

Yesus, bukan saja menyatakan bahwa Bapa itu baik adaNya, malah Dia mengkonkritkan kasih Bapa itu terungkap dalam kehadiranNya sendiri yang secara sengaja  memakukan semua surat hutang pada salibNya yang kudus (Kol 2: 14). Dia menebus seluruh umatNya untuk mendapatkan pengampunan dosa dan beroleh keselamatan kekal. Keselamatan seluruh umat mansia hanya terjadi karena Yesus Kristus Tuhan kita yang telah menyerahkan nyawa guna menjadi tebusan bagi umatNya.

Yesus memang hanya mengajarkan satu doa Bapa Kami yang kita kenal sampai sekarang. Mengapa Yesus tidak mengajarkan aneka bentuk doa? Yesus hanya mengajak kita: 'jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu' (Mat 6: 6). Yesus hanya mengajak kita untuk berani meminta, berani memuji Tuhan Bapa di surge, dan terlebih-lebih berani melaksanakan sabda dan kehendak Bapa Tuhan, dan mencari KerajaanNya baru yang lain akan pasti ditambahkan olehNya.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami untuk tekun berdoa dan berdoa. Engkau memang tidak banyak mengajarkan kami bagaimana caranya harus berdoa. Namun Engkau mengajak kami untuk berani meminta dan meminta daripadaMu, sebab barang siapa meminta, dia akan mendapatkannya.

Bapa di surge, kuasailah kami dengan RohMu yang kudus. Amin.

 

 

Contemplatio

'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening