Selasa dalam Pekan Biasa XV, 12 Juli 2016

Yes 7: 1-9  +  Mzm 48  +  Mat 11: 20-24

 

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:  "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.  Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

 

 

Meditatio

Pada suatu kali Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya. Yesus mengecam mereka, karena sepertinya mereka tidak tahu berterima kasih, tetapi terlebih-lebih tidak adanya pertobatan yang ditampakkan dalam diri mereka. Segala mukjizat yang diberikan oleh Tuhan kepada umatNya adalah undangan bagi setiap orang untuk berani bertobat dan bertobat.

'Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.  Tetapi Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.

Kecaman yang sama bisa juga tentunya diarahkan kepada komunitas-komunitas kita, bila memang tidak ada pertobatan yang signifikan dalam perjalanan hidup kita. Pertobatan amat disukai oleh Tuhan Allah, dan membuat surga semakin bersemarak karena pertobatan seseorang, daripada sembilanpuluh sembilan orang yang tidak bertobat.

Pertobatan juga menandaikan sikap terima kasih kepada Tuhan Allah yang telah melimpahkan rahmat dan berkatNya. Sebab dengan bertobat seseorang kembali kepada Tuhan. Namun kiranya tidak dimengerti, Tuhan Allah tanpa pamrih dalam memberikan pelbagai karuniaNya. Sebab pertobatan adalah sikap seseorang untuk memilih keselamatan dalam hidupnya, dan Allah amat menghendaki setiap orang beroleh selamat. Di luar keselamatan adalah kebinasaan. Tuhan Allah selalu memikirkan bagaimana agar umatNya, orang-orang yang dikasihiNya itu mendapatkan dan menikmati keselamatan.

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur karena rahmat kasihMu yang begitu besar, Kau panggil dan Kau tunggu kami untuk kembali kepadaMu. Engkau tidak menghendaki satu orangpun dari kami binasa, tetapi agar kami dapat menikmati keselamatan bersamaMu. Amin

 

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening