1Kor 1: 1-9  +  Mzm 145  +  Mat 24: 42-51









Lectio :

Suatu hari bersabdalah Yesus: "berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.  Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.

Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi."







Meditatio

Suatu hari bersabdalah Yesus: "berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang". Yesus menyampaikan pesanNya ini berkaitan dengan kedatanganNya kembali di akhir jaman, yakni kedatanganNya yang kedua, yang membawa mahkota kehidupan. Kedatangan Yesus memang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang mempersiapkan diri, yang siap sedia menyambut kedatanganNya. Dia harus siap membuka pintu kalau pintu rumahnya diketuk. Kesiap siagaannya itu bagaikan 'tuan rumah yang tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar'.   Kita benar-benar diminta untuk berjaga-jaga.  'Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga'.

'Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi'.  Sebuah penyataan yang menegaskan bahwa kedatangan Anak Mnanusia haruslah disambut! Tentunya hanya bagi mereka yang menghendaki keselamatan; tidaklah demikian bagi yang tidak mau tahu dengan keselamatan. Orang yang menghendaki keselamatan haruslah wajib hukumnya menyambut kedatangan Dia yang bagaikan pencuri itu. Ketidak siap sediaan seseorang menyambut kedatangan Anak Manusia tidak ubahnya seperti mereka yang tidak menghendaki keselamatan.

Sebagai orang-orang yang 'kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu', hendaknya kita selalu berjaga dan berjaga dalam keseharian hidup ini. Mengapa? Bukankah kita adalah orang-orang yang sudah tidak berkekurangan? Dan bukankah kita juga orang-orang yang mendapatkan rahmat dan berkatNya? Bukankah itu semua adalah belaskasih dan bekal dari Tuhan Allah sang Empunya kehidupan. Mengingat bekal itulah hendaknya kita selalu berjaga dan berjaga agar 'tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus' (1Kor 1: 4-8). Kelayakan seseorang di hadapan Tuhan, bukan bergantung pada banyaknya aneka karunia Roh Kudus, melainkan siap sedia mendengarkan sapaan dan menjumpai kita.







Oratio

Ya Yesus Kristus, bantulah kami agar selalu siap berjaga-jaga dalam menantikan kedatanganMu, dan membukakan pintu untukMu. Ya Yesus, kami mau siap selalu dalam menikmati rahmat keselamatan bersamaMu. Amin






Contemplatio

'Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga'.



Oremus Inter Nos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012