Pesta Santo Bartolomeus Rasul, 24 Agustus 2016

Why 21: 9-14  +  Maz 145  +  Yoh 1: 45-51


Lectio

Suatu hari Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."  Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"  Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."  Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"  Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Meditatio

'Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?', komentar Natanael kepada Filipus ketika diberitahukan: 'kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret'. Natanael sepertinya orang yang benar-benar memahami Kitab Suci Perjanjian Lama. Dia sepertinya tahu bahwa Mesias yang dinubuatkan oleh banyak nabi itu bukan dari Nazaret melainkan dari Betlehem. Apa yang dibanggakan dari Nazaret? Komentar Natanael memang harus kita hargai dan hormati, walau memang tidak lengkap pengenalan kita manusia. Bukankah memang karena Yesus dibesarkan di Nazaret sehingga Dia disebut Orang Nazaret? (Mat 2: 23).

'Mari dan lihatlah!', sahut Filipus yang sepertinya tidak mau mempersoalkan kota Nazaret. Filipus hanya berpijak pada pengalaman diri yang telah menemukan Dia yang terindah dalam hidupnya. Dia telah menemukan Mutiara kehidupan.  Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: 'lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'. Suatu pujian yang diberikan Yesus kepada Natanel, kepada Bartolomeus. Yesus pasti tahu apa yang dikatakan Natanael tadi ketika dia diajak oleh Filipus, Yesus pasti tahu, tetapi Yesus sama sekali tidak marah. Kejujuran Natanel inilah yang malah menjadi pujian Yesus. Ini bertolak belakang dengan kecaman Yesus kemarin terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat yang penuh kemunafikan. Kenyataan Yesus yang lebih dahulu mengenal dirinya inilah yang membuat Natanael benar-benar percaya kepada Orang Nazaret sebagaimana pernah dinubuatkan oleh Musa. 'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!', sebut Natanel mengungkapkan iman kepercayaannya. Orang Nazaret ini memang hebat. Dia sungguh Anak Allah, karena mengetahui segala sesuatu jauh-jauh sebelumnya.

'Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya?'. Sebuah penyataan yang diberikan Yesus kepada Natanael dan tentunya kepada semua orang yang mendengarNya. Apakah memang Natanael benar-benar percaya ketika Yesus menyambut dirinya? Apakah dia akan percaya kepada Yesus orang dari Nazaret seandainya  Yesus tidak menyapa dirinya? Mungkin. Namun tak dapat disangkal, sapaan Yesus membuat dirinya percaya kepada sang Empunya kehidupan. Sabda Tuhan membuat hati Natanael terbuka akan keselamatan. Kepercayaan Natanael mendatangkan rahmat dan berkat yang sungguh luar biasa. Dia 'akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Kemuliaan surgawi inilah yang juga dinikmati oleh Yohanes sebagaimana tersurat dalam Kitab Wahyu.

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau yang lebih dahulu mengenali dan memanggil kami, kiranya iman kami semakin diteguhkan, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah yang menyelamatkan. Berkat pengenalan akan Engkau membuat kami dapat menikmati kemuliaan bersamaMu kelak.

Santo Bartolomeus, doakanlah kami. Amin

Contemplatio

'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!',






Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012

Sabtu Hening