Senin dalam Pekan Biasa XX, 15 Agustus 2016


Yeh 24: 15-24  +  Mzm  +  Mat 19: 16-22

 

 

 

Lectio

Suatu hari ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"  Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."  Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."  Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"  Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

 

 

 

Meditatio

'Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?', tanya seseorang kepada Yesus. Apakah dia belum pernah berbuat baik? Atau karena banyaknya perbuatan baik yang telah dilakukan, kita-kira perbuatan mana yang harus diutamakan dari segala perbuatan yang lain?  Jawab Yesus: 'apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah'. Mentaati kehendak Tuhanlah memang yang membuat seseorang benar-benar layak di hadapan Tuhan dan mengkondisikan dia masuk dalam hidup yang kekal, dan bukan aneka perbuatan baik lainnya. Adakah perbuatan baik yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan?

'Perintah yang mana?', tegas orang itu, sepertinya dia telah terbiasa melakukan aneka perbuatan baik. Dai bukan seorang pendosa.  Kata Yesus: 'jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri'. Kesepuluh perintah Allah sebagimana tersurat dalam kitab Taurat telah dilakukan orang itu sepertinya.  Bukan hal yang baru. Sekali lagi dia sudah terbiasa melakukan segala yang baik. Dia bukan orang jahat. Karena itu, kata orang muda itu kepada-Nya: 'semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?'.

'Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku', tegas Yesus. Yesus begitu mempunyai banyak tuntutan kepada para muridNya, orang-orang yang ingin hidup lebih baik. Tidak ada orang yang sempurna di hadapan Tuhan, padahal kesempurnaan itulah yang membuat seseorang dapat menikmati hidup kekal, menikmati kemuliaan surgawi. Semuanya memang tidak akan bisa terjadi bila kita hanya mengandalkan kasih Tuhan, dan bahkan melepaskah diri belaskasih llah.  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. Sehebat apapun yang bisa dilakuan oleh seseorang tidak akan membuat diri sempurna di hadapan Tuhan Allah sang Empunya kehidupan. Ada banyak perbuatan baik yang bisa kita lakukan, tetapi semuanya akan sia-sia kalau kita tidak mengimani sabda dan kehendak Tuhan, tidak menuruti perintah-perintahNya, semuanya akan malahan menjadi beban kalau kita hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri. Yesus mengingatkan kita semua hari ini, bahwa tidak ada seorang yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan akan terjadi kalau kita mengamini sabda dan kehendakNya.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami sabda dan kehendakMu. Sadarkan kami agar kami tidak menyepelehkan sabda kehendakMu sekecil apapun, sebab kesempurnaan di hadapanMu benar-benar dapat kami nikmati kalau kami mengimani sabda dan kehendakMu yang menyelamatkan itu.

Yesus, ajarilah kami untuk tidak hanya menyukai sabda dan kehendakMu yang kami sukai saja. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku',

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening