Pesta Malaikat Mikhael, Gabriel dan Rafael, 29 September 2016


Why 12: 7-12  +  Mzm 138  +  Yoh 1: 47-51

 

 

 

Lectio

Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepadaNya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepadaNya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepadaNya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kataNya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

Meditatio

Dalam suatu perbincangan Filipus dengan Natanael, kata Filipus kepadanya:  'mari dan lihatlah!'.  Mengapa Filipus berkata demikian pada Natanael? Apakah karena Natanael memandang rendah, sebagaimana dikatakan sebelumnya, bahwa tidak ada yang baik yang datang dari Nazaret? Karena dalam perjanjian lama tidak ada nubuat, bahwa Orang Pilihan Allah datang dari Nazaret? Filipus orang yang bijaksana dan tidak mau berdebat, dia mengajak Natanael untuk bertemu Yesus. Filipun meminta Natanael untuk mejumpaiNya sendiri. Ketika Yesus melihat Natanael datang kepadaNya berkata: 'lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'.  Apa maksud Yesus dengan berkata demikian? Apakah Yesus sudah menyelidiki atau bahkan sudah pernah melihat Natanael? Natanael merasa heran, ada Orang yang bisa mengetahui isi hatinya melalui perjumpaan yang begitu singkat. Kata Natanael kepadaNya: 'bagaimana Engkau mengenal aku?'.  Jawab Yesus kepadanya: 'sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara'.
Apa hubungannya dengan pohon ara? Kebiasaan bagi orang Yahudi itu adalah merenungkan sabda Tuhan dengan duduk di bawah pohon ara karena daunnya yang rimbun. Natanael merasa heran, ada Orang yang bisa mengetahui isi hatinya melalui perjumpaan yang begitu singkat.

'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!', kata Natanael. Natanael langsung dapat mengenali, bahwa Orang yang bisa mengetahui isi hatinya yang terdalam tentunya berasal dari Allah. Yesus menjawab, kataNya:  'arena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya?'.  Tentunya hanya Natanael sendiri yang mengetahui apa yang dia renungkan di bawah pohon ara, dan sekarang orang tersebut mengetahuinya.  'Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu'.  Apa itu?  'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Inilah upah orang-orang yang percaya kepadaNya; boleh memandang dan menikmati kehadiran para malaikatNya yang kudus, yang memang berjalan naik turun ke hadapan Anak Manusia, sang Empunya kehidupan ini. Para malaikat naik turun di h dapanNya, karena 'kepadanya telah diberikan kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah' (Dan 7).

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami agar mampu mengenali Engkau sebagai Mesias, Penyelamat yang datang dari Allah. Agar kelak kamipun dapat menikmati sukacita surgawi bersamaMu.  

Santo Mikael, Gabriel dan Rafael, doakanlah kami. Amin

 

 

Contemplatio.                                            

'Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'.

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012