Selasa dalam Pekan Biasa XXV, 20 September 2016

Ams 21: 1-6  +  Mzm 119  +  Luk 8: 19-21

 

 

Lectio

Pada waktu itu ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.  Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau."  Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

 

 

Meditatio

'Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya', sahut Yesus ketika seseorang memberitahukan kepadaNya: 'ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau'. Mengapa Yesus menjawab seperti itu? Bukankah ibuNya benar-benar seorang yang mempunyai iman sejati? Bukankah dengan setia mengikuti Yesus, dan bahkan berani menerima sebilah pedang yang menembus jiwanya? Yesus sepertinya hendak mengatakan bahwa saudara dan saudariNya yang sejati adalah mereka yang melaksanakan kehendak Bapa di surga, mereka yang mengamini sabda Allah. Memang tak dapat disangkal, Yesus itu dilahirkan dan bukan dijadikan, tetapi ikatan hati dan keluarga bukan sebatas relasi fisik, biologis, sedarah, sekandung atau kekerabatan. Kekeluargaan Yesus malah diangkat dalam relasi sehakekat dengan Bapa, yakni dengan melakukan segala sabda dan kehendak Bapa di surga.

Kelayakan seseorang menjadi murid-murid Tuhan Yesus memang bukanlah sebatas nama dan jabatan, melainkan semata-mata bagaimana seseorang menghayati sabda dan perintah Tuhan. Malahan secara sengaja Tuhan Allah menguji hati setiap orang, sebagaimana dikatakan dalam kitab Amsal (21: 2), karena memang kelurusan langkah hidup manusia bukan ditentukan oleh kemauannya sendiri, melainkan semata-mata lurus menurut kehendak dan perintah Tuhan.

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, layakkanlah kami sebagai anak-anakMu yang mampu menghayati sabda dan perintahMu, sehingga kami dapat menerima sesama sebagai saudara/saudari kami menurut kehendakMu. Amin

 

 

Contemplatio

'Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya',

 

 




Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012