Pesta Santo Lukas, 18 Oktober 2016

2Tim 4: 10-17  +  Mzm 145  +  Luk 10: 1-9

 

 

 

Lectio

Pada suatu hari Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.  Kata-Nya kepada mereka: 'tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan.  Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.  Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.  Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu'.

 

 

 

Meditatio

'Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu', kata Yesus kepada ketujuh puluh murid, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Mereka diutus oleh Yesus, tetapi mereka tetap diminta untuk berani berdoa dan berdoa kepada Bapa di surga untuk mengutus para pekerjaanNya. Dengan penyataanNya ini sekaligus Yesus mengingatkan bahwa mereka pun diutusNya sebagai pekerja-pekerja untuk tuaianNya.

'Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala', tegas Yesus kepada para muridNya. Sebuah penyataan yang memang mengingatkan bahwa tugas perutusan itu bukanlah hal yang mudah dan menyenangkan, kalau pun tokh mereka telah mendapatkan bekal-bekal rohani; malahan sebaliknya sebuah tugas yang mengandung resiko hidup yang tak diinginkan oleh banyak orang. Beberapa pesan lainnya seperti: 'pertama, janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, kedua, janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan. Ketiga, kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: damai sejahtera bagi rumah ini. Keempat, tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Kelima, janganlah berpindah-pindah rumah. Keenam, sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ, dan ketujuh katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu'.

Lukas memang bukanlah salah seorang dari ketujuhpuluh murid yang diutus Yesus, tetapi dia adalah seorang pewarta sabda Allah yang sejati. Dia seorang Antiokhia, seorang murid Paulus (2Tim 4: 11). Seorang  murid yang setia mendampingi Paulus dalam karya pewartaannya bagi orang-orang yang bukan Yahudi. Lukas adalah seorang penulis Injil yang resmi diakui oleh Gereja Umat Allah. Sekali lagi dia bukan salah seorang murid Yesus, tetapi dia pewarta Injil Allah, dia pun mati guna mendapatkan mahkota kemartiran. Ketujuh pesan Yesus dia laksanakan sungguh, malahan dalam Injilnya secara istimewa Lukas menunjukkan betapa besar belaskasih Allah terhadap umatNya, yang semuanya dilakukan sendiri oleh Yesus Kristus.

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, begitu banyak tantangan dan juga kesulitan yang kami hadapi dalam tugas perutusan kami masing-masing, tapi kami percaya Engkau selalu mendampingi dan menguatkan kami, supaya kami tetap teguh dan tidak takut menjalaninya. Amin

 

 

Contemplatio

'Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala'.

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012