Senin dalam Pekan Biasa XXVIII, 10 Oktober 2016

Gal 4: 22-34  +  Mzm 113  +  Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Pada suatu kali ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.  Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'.

 

 

 

Meditatio

Pada suatu kali ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: 'angkatan ini adalah angkatan yang jahat'. Dengan enak saja Yesus berkata kepada orang-orang yang mengerumuniNya. Yesus tidak takut dengan mereka semua dengan pengajaranNya ini. Yesus berkata begitu, bukannya tanpa dasar atau alasan; karena merekalah maka Yesus berkata-kata seperti itu. Yesus tidak mengada-ada. 'Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.  Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini'. Yesus sepertinya ingin menjadi Tanda Yunus Baru. Kalau Yunus hidup bersama orang-orang Niniwe, tidaklah demikian. Yesus hidup bersama orang-orang pilihan Allah, umat terpilih, bangsa yang kudus. Kita memang tahu, karena kita menikmati karya penebusanNya, bahwasannya  Yunus berada tiga hari tiga malam dalam perut ikan, karena melarikan diri dari perintah dan kehendak Allah, tidaklah demikian dengan Yesus. Dia malah secara sengaja masuk dalam dunia orang mati selama tiga hari tiga malam untuk mengangkat mereka semua dari kematian dan memasukkannya ke dalam sukacita ilahi. Tiga hari dan tiga malam adalah hukuman bagi Yunus dalam perut ikan, tetapi tiga hari tiga malam adalah kemauan Yesus menjadi tebusan bagi seluruh umat manusia.  

'Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'. Mengapa Yesus mengatakan seperti itu? Bukankah orang-orang Niniwe mau bertobat ketika mendengar pewartaan Yunus bahwa itu adalah suara dari Allah, dan Ratu dari Selatan mau mengakui kebijaksanaan Raja Salomo dengan  rela, jauh-jauh datang untuk mendengarkan hikmat Salomo. Yesus mau menekankan sikap rendah hati yang dimiliki orang-orang Niniwe dan Ratu Selatan, sedangkan orang Yahudi kalau mereka mau rendah hati, seharusnya mereka dapat menemukan kebenaran dalam pewartaanNya, bahwa Yesus adalah Mesias, yang lebih daripada Nabi Yunus. Orang-orang Yahudi yang meminta tanda berarti menolak Kehendak Allah, maka  pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Orang Yahudi yang adalah bangsa pilihan Allah, tetapi mereka tinggi hati dan menolakNya. Janganlah kesombongan membuat hidup jadi terbelenggu yang mendatangkan kebinasaan, maka baiklah seperti yang Paulus katakan pada umat di Galatia: 'Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan' (Gal.5:1).

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk selalu rendah hati, sehingga kami mampu memahami setiap peristiwa dan mensyukurinya sebagai anugerahMu yang mendatangkan keselamatan bagi kami. Amin

 

 

Contemplatio

'Sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'.

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening