Rabu dalam Masa Adven I, 30 November 2016

Rom 10: 9-18  +  Mzm 19  +  Mat 4: 18-22

 

 

 

Lectio

Pada waktu itu ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.  Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."  Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka  dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

 

 

 

Meditatio

Pada waktu itu ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Apakah tidak ada orang lain pada saat itu? Apakah hanya Petrus dan Andreas saja? Tentunya ada banyak orang lain; hanya tidak disebutkan hari apa itu, sehingga mungkin banyak orang melakukan pekerjaannya.  Yesus berkata kepada mereka: 'mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia'. Apakah yang dimaksudkan dengan penjala manusia? Bukankah mereka itu para nelayan, penjala ikan? Mereka akan menjadi penjala-penjala manusia; mencari dan menangkap mereka untuk masuk dalam keselamatan ilahi.  Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Apakah mereka tidak bertanya-tanya terlebih dahulu? Kemungkinan pasti ada. Namun tak dapat disangkal, mereka selalu menjawab dan menjawab panggilan Tuhan. Tuhan memanggil, dan kita diajak untuk menjawabiNya.

Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Mengapa selalu disebut dua orang bersaudara? Zebedeus hanyalah tambahan keterangan dari kedua bersaudara. Yesus memanggil mereka  dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia. Orang-orang yang mengikuti Kristus berarti adalah mereka yang berani mengutamakan Tuhan di atas segala-galanya. Namun sekaligus, menomersatukan tidaklah berarti mengabaikan lainnya. Kita diajak memasuki cara hidup yang baru bersama Yesus dengan meninggalkan segala kelekatan dan cara hidup yang lama, hidup sebagai orang Kristiani, pengikut Kristus yang mencerminkan Kristus di dalamnya. Mari kita temui dan kita nikmati kehadiran Allah dalam diri sesama, sebagai pembawa sukacita bagi sekitar kita. Seperti yang Paulus katakan dalam surat kepada jemaat di Roma. 'Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakanNya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakanNya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: 'betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!'.

 

 

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, jadikanlah kami pembawa sukacita bagi orang-orang di sekitar kami, agar dalam setiap perbuatan dan sikap hidup kami mencerminkan kehadiranMu di dalamnya. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia'.

 

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012

Sabtu Hening