Jumat dalam Pekan Adven III, 16 Desember 2016

Yes 56: 1-8  +  Mzm 67  +  Yoh 5: 33-36

 

 

Lectio

Kepada orang-orang Yahudi, Yesus berkata: 'kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran;  tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Yohanes itu adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku'.

 

 

Meditatio

'Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran', tegas Yesus kepada orang-orang yang mendengarkanNya.   Yohanes sendiri pernah menegaskan bahwa dirinya bukanlah Mesias, tetapi dialah suara yang berseru-seru di padang gurun, yang membaptis dengan air, tetapi yang kemudian daripadanya, yang membuka tali sandalNya pun dia tidak layak. Yohanes pun menegaskan bahwa Dia Orang Nazaret itu Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Itulah kesaksian Yohanes tentang diriNya.  'Tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan'. Mengapa Yesus berkata demikian? Apakah Dia tidak percaya dengan apa yang dikatakan Yohanes? Segala kesaksian Yohanes memang malah diarahkan kepada Yesus Anak Manusia, maka tentunya suara dan kehendakNya yang harus diutamakan dalam hidup semua orang, dan bukannya kesaksian manusia. Yang menyelamatkan adalah sabda dan kehendak Tuhan dan bukannya kesaksian manusia.

Namun tak dapat disangkal, Yesus memuji Yohanes  dengan mengatakan:'ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu'. Pelita yang menyala dan memberikan cahaya sebagai penunjuk jalan, yang hanya menyala sebentar karena pelita itu dinyalakan, yang akan padam karena terbakar sendiri. Mereka hanya menikmatinya ketika pelita itu memberikan cahayanya, tetapi ketika pelita itu padam mereka akan meninggalkannya.

'Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku',tegas Yesus.  Kesaksian Yohanes adalah kesaksian seorang manusia, tetapi kesaksian Yesus adalah kesaksian pekerjaan yang dilakukanNya, pekerjaan yang dikehendaki Bapa. Bukanlah dimaksudkan untuk menonjolkan diriNya, tetapi Yesus mau menyatakan kuasa Bapalah yang bekerja dalam dalam diriNya, karena memang 'Bapa yang mengutus Aku'. Yesus melakukan tugas Bapa yang mengutusNya. Dialah yang dinubuatkan nabi Yesaya yang akan datang dan menyelamatkan umatNya. Hanya Dia yang diutus Bapa yang dapat melakukan kehendak Bapa, walau tak dapat disangkal, Yesus akhirnya menegaskan: 'Aku berkata kepadamu, bahwa sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa' (Yoh 14: 12).

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami agar berani untuk menjadi pelita bagi sesama, agar terangMu juga dapat dinikmati setiap orang dan mereka juga mendapatkan keselamatan. Amin

 

 

Contemplatio

'Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku'.

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012

Sabtu Hening