Sabtu dalam Pekan Adven II, 10 Desember 2016

Sir 48: 1-11  +  Mzm 80  +  Mat 17: 10-13

 

 

 

Lectio

Pada suatu hari murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?"  Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu  dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

 

 

Meditatio

Pada suatu hari murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: 'kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?'. Entah kenapa para murid bertanya seperti itu. Apakah pertanyaan mereka hendak mengkritisi suara dari langit yang menegaskan: 'inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia?', kalau memang hanya kepada Dia Bapa berkenan dan mengasihiNya, mengapa harus menunggu dahulu Elia yang akan datang? Menanggapi komentar para murid. Yesus langsung menyahut: 'memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu  dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka'. Mereka tidak mengenal Yohanes sebagai Elia, karena mereka melihat sesama menurut kemauan dan gambaran sendiri. Mereka itu bagaikan 'anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya:  kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung' sebagaimana kita renungkan kemarin dalam Mat 11. Mereka tidak mau tahu terhadap orang lain, bahkan terhadap utusan Allah yang bernama Elia itu. 'Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis'. Mereka malah mendera dan membunuhnya. 'Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka'.

'Berbahagialah orang yang telah melihat dikau, dan yang meninggal dengan kasih mereka, sebab kamipun pasti akan hidup pula' (Sir 48: 11). Inilah pujian yang diberikan kepada orang-orang yang menikmati kehadiran Elia, nabi Allah. Demikian juga sebagaimana dikatakan Paulus dalam suratnya: 'Jika mereka mengenal Kristus, pasti mereka tidak membunuhNya'. Ketidakmampuan dan juga ketidakmauan orang untuk mengenal Kristus akan menjauhkan dia dari keselamatan, malahan pengandalan diri menjerumuskan seseorang pada kebinasaan, sebab 'daging ini lemah' (Mat 26: 1).

 

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami agar lebih mengenal tanda-tanda kehadiranMu dalam diri sesama, supaya kamipun sanggup menjadi terang bagi mereka. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu  dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka'.

 

 



Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012