Sabtu dalam Pekan Adven Khusus, 17 Desember 2016

Kej 49: 2-10  +  Mzm 72  +  Mat 1: 1-17

 

 

Lectio

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,  Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram,  Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,  Isai memperanakkan raja Daud.

Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,  Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa,  Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia,  Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia,  Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

 

 

 

Meditatio

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,  Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram,  Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,  Isai memperanakkan raja Daud. Tokoh-tokoh siapakah yang  menarik hati kita? Abraham, Ishak dan Yakub tentunya, sebab mereka adalah bapa-bapa bangsa. Mereka tokoh-tokoh yang unik dan kudus.

Dari keduabelas anak-anak Yakub, Yehudalah yang ternyata menjadi tolok ukur keberlangsungan keluarga, dan bukannya Yakub yang banyak berjasa dalam melanjutkan keluarga Yakub. 'Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu. Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa' (Kej 49: 8), tegas Yakub sendiri, sang ayah kepada anak-anak yang dikasihinya. Mengapa Yehuda, dan bukan yang lain? Bukankah Ruben anak sulung Yakub? Kehendak Tuhan mengatasi kemauan manusia dalam perjalanan sejarahnya.

Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,  Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa,  Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia,  Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia,  Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Kita pasti ingat Daud, tokoh besar dalam sejarah Israel, dan sering menjadi acuan dan perjalanan sejarah. Dia menjadi referensi sejarah Israel. Yesus pun sering disebut Putera Daud, karena memang Dialah Pewaris Kerajaan yang sesungguhnya. Salomo mungkin kita ingat karena kebijaksanaan yang diandalkannya dalam setiap langkah hidupnya.

Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Yusuf menjadi tokoh yang menentukan Yesus masuk, yang diperhitungkan dalam sejarah Israel. Maria adalah seorang beriman. Dia pelaksana sabda dan kemauan Tuhan, tetapi tak dapat disangkal Yusuf memasukan Yesus dalam silsilah keturunan Israel, bangsa yang dipilih Allah semenjak semula. Yusuf dan Maria saling mengandalkan satu dengan lainnya. Mereka tidak boleh meniadakan satu terhadap lainnya. Siapakah yang lebih penting, Maria atau Yusuf.

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. Mengapa empatbelas mendapatkan perhatian dalam silsilah keturunan bangsa Israel? Kelipatan tiga kali empatbelas keturunan ini terjadi dalam kurun waktu berapa tahun?

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau telah merencanakan semuanya dari semula, kiranya kami tetap setia terhadap apa yang telah Engkau rencanakan bagi kami, yang tentunya yang terbaik dan terindah bagi kami. Amin

 

 

Contemplatio

'Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham'.

 





Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012