Senin dalam Pekan Adven III, 12 Desember 2016

Bil 24: 2-7  +  Mzm 25  +  Mat 21: 23-27

 

 

 

Lectio

Pada suatu hari Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?" Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?" Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?  Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi."  Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Dan Yesus pun berkata kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

 

 

Meditatio

Pada suatu hari Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: 'dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?'. Mengapa pertanyaan semacam itu sempat terlontar dari mereka? Apakah mereka melihat dan merasakan kuasa yang disampaikan Yesus sungguh-sungguh hebat dan membuat mereka terpesona? Bukankah memang Yesus ini tidak termasuk dalam perguruan tertentu yang mengajarkan tentang hukum Taurat? Apakah mereka mempersoalkan legalitas kekuasaan yang dimilikiNya?  Jawab Yesus kepada mereka: 'Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?'. Yesus tidak mau dipermainkan oleh orang-orang yang meragukan tugas perutusanNya. Seharusnya memang sebagai para tua-tua bangsa mereka mengerti kitab suci, dan segala yang dinubuatkan oleh para nabi. Yesus menantang mereka, tetapi Yesus juga tentunya tahu apa yang ada dalam isi hati mereka.

Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: 'jikalau kita katakan: dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?  Tetapi jikalau kita katakan: dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi'. Mereka pun akhirnya gelisah karena sikapnya sendiri. Mereka tidak mau tahu terhadap orang lain. Sekali lagi mereka tahu siapakah Yohanes pembaptis, dan siapakah Anak manusia dari Nazaret ini. Mereka tidak mau tahu, karena egoisme diri yang kuat.  Lalu mereka menjawab Yesus: 'kami tidak tahu'.  Dan Yesus pun berkata kepada mereka: 'jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu'. Yesus bersikeras juga pada sikapNya yang tak mau dipermainkan oleh orang-orang yang dikasihiNya.

 

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami untuk menjadi orang yang berani mengatakan dan bertindak dalam kebenaran untuk setiap hal, terutama dalam mewartakan kebenaranMu. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu'.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening