Pesta Bertobatnya Santo Paulus, 25 Januari 2017

Kis 22: 3-16  +  Mzm 117  +  Mrk 16: 15-18

 

 

 

Lectio

Pada saat itu Yesus berkata kepada mereka para muridNya: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

 

 

 

Meditatio

Pada saat itu Yesus berkata kepada mereka para muridNya: 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'.  Yesus meminta para muridNya untuk mewartakan Injl Kerajaan Allah; bukan saja kepada seluruh umat manusia, tetapi malah kepada segala makhluk, kepada seluruh ciptaan. Mengapa tidak hanya kepada umat manusia? Warta sukacita tetap disampaikan kepada seluruh ciptaan karena memang karya penebusan Kristus Tuhan diperuntukan guna memperbaharui seluruh dunia dan isinya. Pewartaan kepada segala ciptaan yang tidak sesuai dengan gambarNya pun diminta ditampakkan dalam perhatian dan pemanfaatan ciptaan sebagaimana mestinya. Pemaknaan aneka ciptaan Tuhan berarti pewartaan sabdaNya yang telah menciptakan segala-galanya baik adanya.

Arah perhatian utama dalam pewartaan adalah umat beriman, yakni orang-orang yang dikasihiNya. Siapakah mereka? Seluruh umat manusia, sebab sekali lagi seluruh umat manusia tercipta sesuai dengan gambarNya. Karena Yesus malah menegaskan bahwa barangsiapa tidak mau percaya kepada Tuhan Allah sang Empunya kehidupan dia akan mendapatkan hukuman. 'Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah' (Yoh 3: 19-21). Allah meminta semuanya ini, karena Dia menghendaki seluruh umat manusia selamat.

'Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya. Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar' (Kis 22:14-15). Inilah permintaan Tuhan Yesus sendiri kepada Paulus ketika dia merasakan kehadiran Yesus. Peristiwa bertobatnya Paulus adalah sebuah peristiwa di mana dia yang telah diberi banyak diminta untuk berani membagikannya kepada orang lain. Pertobatan berarti kesaksian bahwa Tuhan itu penuh belaskasih terhadap umatNya, dan kita hendak membuktikannya.

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau telah memanggil santo Paulus dengan peristiwa yang mengejutkan tetapi penuh makna. Dia telah menerima banyak, Engkau minta untuk berani memberi banyak pula. Pesan yang sama juga Engkau sampaikan kepada para muridMu. Ajarilah kami untuk berani memahami kehendakMu kepada kami. Amin.

 

 

Contemplatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'.  

 

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012

Sabtu Hening