Rabu dalam Masa Prapaskah I, 8 Maret 2017

Yun 3: 1-10  +  Mzm 51  +  Luk 11: 29-32

 

 

 

Lectio

Pada suatu hari ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

 

 

Meditatio

Pada suatu hari ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: 'angkatan ini adalah angkatan yang jahat'. Siapakah yang dimaksudkan Yesus dengan angkatan ini? Apakah mereka itu kaum Farisi dan para ahli Taurat? Atau adakah orang-orang lain selain mereka itu? Kenapa mereka itu disebut jahat, apakah karena ketidak percayaan mereka, atau karena penolakan mereka terhadap kehadiran Anak Manusia? 'Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus'. Sepertinya Yunus cukup merepresentasikan kehadiran Tuhan yang disampaikan oleh Yunus, agar orang-orang bertobat (Yun 3: 1-10). 'Seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini'. Bukankah Yunus mengalami perlawanan dan penolakan dari orang-orang Niniwe? Bukankah Yunus tinggal di dalam perut ikan selama tiga hari tiga malam? Bukankah Yunus dikeluarkan dari ikan? Semuanya sepertinya sudah menjadi tanda kehadiran Anak Manusia kelak.

'Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!', tegas Yesus. Mengapa orang-orang lebih percaya kepada Yunus dan Salomo dibandingkan kepada Yesus Anak Manusia? Apakah tanda-tanda yang dibuat oleh Yesus kurang agung dan luar biasa? Apakah mereka sudah begitu percaya dengan omongan orang-orang Nazaret yang tidak bisa menerima kehadiran Anak tukang kayu ini? Tak dapat disangkal memang, kepercayaan kepada Tuhan bukanlah adanya tanda-tanda mukjizat yang dilakukan Yesus Kristus. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, tetapi percaya.

Tentunya kita orang-orang yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, sang Empunya kehidupan, semakin hari semakin berani bertobat dan berserah diri kepadaNya. Bukankah 'hati yang remuk redam tidak Engkau pandang hina' (Mzm 51), semakin membuat kita berani datang kepadaNya. Tuhan Allah tidak memperhitungkan segala keterbatasan dan kelemahan kita untuk berani datang kepadaNya.

 

 

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kiranya melalui sabdaMu hari ini semakin menyadarkan kami, untuk berani datang kepadaMu, sebab Engkaulah Penyelamat kami untuk selama-lamanya. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya Yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'.

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening