Kamis dalam Pekan Suci Prapaskah VI, 13 April 2017

Yes 61: 1-9  +  Why 1:5-8  +  Luk 4: 16-21

 

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.  Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:  "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku  untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."  Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

 

 

 

Meditatio

Suatu hari Yesus datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Sepertinya Yesus sudah terbiasa juga mengajar di bait Allah di kampungNya sendiri. Setelah pulang dari bait Allah di Yerusalem ketika Dia berusia duabelas tahun lalu, apakah Yesus kemudian sering diajak oleh orang-orang Farisi dan ahli Taurat untuk bertanya jawab di bait Allah di Nazaret? Atau minimal Dia sudah biasa ambil bagian dan aktif dalam pelbagai kegiatan rohani di kampungNya?  Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: 'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'.

Yesus sepertinya sengaja membuka perikop Yesaya. Yesus adalah Kristus, Yang terurapi. Bukan hanya dengan urapan minyak sebagaimana diterima Daud dari nabi Natan, melainkan terurapi oleh Roh Allah sendiri. Dengan pembacaan ini, Dia hendak menegaskan tugas perutusan yang diembanNya. Yesus tidak menyebut siapakah diriNya, Yesus hanya mengatakan segala pekerjaan yang dilakukanNya. Kalau kamu tidak percaya kepadaKu, percaya sajalah akan pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, itulah komentar Yesus sendiri terhadap orang-orang yang mendengarkanNya. Sebab hanya Putera Allah, yang mana Allah berkenan kepadaNya, dapat melakukan segala kehendakNya. Yesus menunjukkan diriNya datang untuk membuat orang-orang merdeka. Merdeka dari dosa dan maut, kebutaan akan hidup dan kemalratan akan segala hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap individu. Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: 'pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya', karena memang aku datang, bukan untuk meniadakan hukum Taurat dan kitab para Nabi melainkan untuk menggenapinya. Yesus datang untuk melakukan segala pekerjaan yang dikehendaki oleh Bapa. Semua dilakukan oleh Yesus, sebagaimana nama yang disandangNya,  Allah menyelamatkan.

Kita memang bukanlah orang-orang yang datang pada waktu Yesus mengajar di bait Allah. Namun kita adalah orang-orang yang bangga akan Yesus Kristus, karena memang kita adalah orang-orang yang diselamatkan. Layaklah dan wajarlah kalau kita bersyukur kepadaNya, sebab  'bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya -- dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin' (Why 1: 5-6).

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau adalah Putra yang diutus Bapa untuk melakukan pekerjaan-pekerjaanNya, yaitu menyelamatkan umat manusia. Kami bersyukur kepadaMu ya Yesus, berkat rahmat kasihMu, kami menjadi anak-anakMu. Amin

 

 

Contemplatio

'Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening