Pesta santo Markus, Penulis Injil, 25 April 2017


1Pet 5: 5-14  +  Mzm 89  +  Mrk 16: 15-20

 

 

 

Lectio

Sebelum terangkat ke surge Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

 

 

Meditatio

Para murid pergi memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya. Inilah yang dilakukan oleh para murid. Tanpa ragu dan bimbang, mereka berangkat dan tidak memperhitungkan dan mempertimbangkan segala yang akan akan terjadi. Mereka hanya percaya dan percaya kepada permintaan Yesus. Yesus meminta: 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum', dan inilah yang memang langsung mereka laksanakan. Mereka tidak bertanya-tanya: apakah tanda-tanda yang akan menyertai orang-orang yang percaya, yakni: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh akan benar-benar terjadi, dan bagaimana kalau tidak terjadi, mereka tidak mempersoalkan. Tuhan Yesus meminta dan meminta maka mereka langsung pergi dan melaksanakannya. Segala tanda dan mukjizatNya, mereka serahkan semua pada Tuhan sendiri. Mungkinkah Tuhan membohongi umatNya? Tuhan Allah akan atur semuanya itu.

Yesus hanya meminta kepada para Rasul, para muridNya itu, dan tentunya kepada kita semua, untuk pergi mewartakan Injil Kerajaan Surga; Yesus tidak meminta yang lain. Kita diminta untuk berani berbagi, karena memang kita semua diundang untuk ambil bagian dalam karya penebusan dan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Yesus meminta kita, bukannya karena Dia tidak mampu melakukan semuanya Seorang diri, melainkan hendak menegaskan bahwa kita manusia mampu menjadi saluran berkat yang menyelamatkan bagi orang lain. Bukankah Yesus juga pernah mengajak kita semua untuk menjadi sempurna dan murah hati seperti Bapa sendiri?

Pesta santo Markus mengingatkan kita agar kita semakin percaya kepada Yesus, dan tidak meminta bukti daripadaNya. Yesus tidak pernah memasang target dalam permintaanNya kepada kita. Kiranya kesederhaaan Markus menjadi kesederhaan kita bersama, baik dalam cara pikir atau kehidupan sehari-hari. Kesederhanaan hidup berarti kita menghayati sabda Tuhan sebagaimana dituliskan Petrus ini: 'rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin' (1Pet 5: 11).

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus Kristus, Enkau telah bangki mengutus kami. Buatlah kami menjadi orang-orang yang berani mewartakan sabda dan kehendakMu: berkata-kata benar, rajin dalam pelbagai pertemuan di lingkungan Gereja atau masyarakat, yang semuanya hendak menunjukkan bahwa kami ada sebagai murid-muridMu.

Santo Markus, doakanlah kami. Amin.

 

 

Contemplatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening