Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus, 25 Mei 2017

Kis 1: 1-11  +  Ef 1: 17-23  +  Mat 28: 16-20

 

 

 

Lectio

Pada waktu itu kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 

 

Meditatio

Mengapa Injil Matius tidak menceritakan kenaikan Yesus ke surga, sebagaimana kita rayakan hari ini? Bukankah Lukas dengan indahnya, sebagaimana diceritakan dalam Kisah Rasul, melukiskan, bahwa setelah menyampaikan pesan-pesanNya kepada para Rasul 'terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka?' (Kis 1:9). Atau memang Matius tidak mempersoalkan kenaikanNya secara tajam, karena memang 'tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia' (Yoh 3: 13), sebagaimana yang juga dikatakan oleh Yohanes dalam Injilnya? Atau memang kenaikan Yesus pastilah terjadi,  karena konsekuensi logis dari tugas perutusanNya yang memuncak dalam kematian dan kebangkitanNya? Namun tak dapat disangkal, ketika para Rasul terus menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: 'hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga' (Kis.1: 10-11), Ia sungguh bangkit, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah yang maha kuasa.

KenaikanNya ke surga malah menunjukkan bahwa 'kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi', sebagaimana dikatakan oleh Yesus sendiri dalam Injil hari ini. Yesus telah menerima kuasa yang amat agung itu, yang memang telah diterimanya semenjak semula, sebelum dunia dijadikan, malahan dalam Dia dan dalam Dia segalanya terjadi. Kuasa yang luhur dan mulia itupun akan diberikan kepada setiap orang yang percaya kepadaNya, dan itulah yang ditegaskan sendiri oleh Paulus dalam suratnya hari ini.  Bahwasannya 'betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang' (Ef 1: 19-21).

Sebagaimana kita adalah orang-orang yang percaya, maka sebagaimana diperintahkan Kristus sendiri: 'pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu', kita hendaknya berani mengajak dan mengajak setiap orang supaya percaya kepada Kristus, sang Penyelamat dunia, Empunya kehidupan ini. 'Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman'. Sebuah penegasan bahwasannya penyertaan dan kasihNya itu akan semakin kita rasakan, kalau memang kita berani berbagi kepercayaan kepada semua orang, agar kuasa yang membangkitkan Yesus dan membuatNya naik ke surga itu semakin dinikmati oleh banyak orang, bahkan seluruh umat manusia yang telah menerima rahmat penebusanNya itu.

 

 

Oratio

Ya Yesus, kami bersyukur atas penyertaanMu kepada kami, ketika harus mengalami pergumulan dan tantangan hidup. Kami percaya Engkau terus menyertai kami sampai akhir jaman. Terpujilah Engkau ya Yesus. Amin

 

 

Contemplatio

'Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman'.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening