Jumat dalam Pekan Paskah IV, 12 Mei 2017

Kis 13: 26-33  +  Mzm 2  +  Yoh 14: 1-6

 

 

Lectio

Dalam pengajaran berikutnya, Yesus berkata pada murid-muridNya : 'Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Di rumah Bapa banyak tempat tinggal untuk menerima kita, seluas hati Tuhan yang selalu ada tempat bagi setiap orang yang mau datang kepadaNya. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."  Kata Tomas kepadaNya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'.

 

 

Meditatio

Dalam pengajaran berikutnya, Yesus berkata pada murid-muridNya : 'Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu'. Mengapa Yesus berkata seperti itu? Apakah sebelumnya Yesus pernah mengatakan hal yang tidak benar atau mengingkari janjiNya? Sekali-kali tidak! Justru sebaliknya, kasih Allah yang begitu besar dalam diri Yesus tidak pernah menginginkan seorangpun anak-anakNya binasa. Maka kalimat percayalah juga kepadaKu, berarti percaya pada kebaikan Allah dan pekerjaan-pekerjaanNya. Allah bersedia memberikan segala yang dapat diberikanNya untuk kita. Bagaimana mungkin apa yang ada bersama dengan Yesus tidak diberikanNya juga kepada kita yang mau percaya dan mengikutiNya?

'Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu'. Di rumah Bapa banyak tempat tinggal untuk menerima kita, seluas hati Tuhan yang selalu ada tempat bagi setiap orang yang mau datang kepadaNya. Kerajaan Surga dilukiskan seperti bangunan rumah yang mempunyai banyak ruang. Apakah seperti apartemen sekarang ini? 'Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu'. Inilah bukti kasih Yesus kepada setiap orang yang mau mengikuti Dia. Yesus ingin agarkita selalu bersama denganNya. Aku ingin 'supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada'.

'Ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ', tegas Yesus yang meneguhkan kemauanNya. Kata Tomas kepadaNya: 'Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?'.  Pertanyaan yang wajar dan manusiawi, yang belum memahami misteri kemesiasan Yesus, yang akan disalib, wafat dan bangkit mulia. Bukankah memang Yesus belum pernah pergi ke sana selama ini, bagaimana Dia menegaskan bahwa kita tahu jalanNya ke mana Dia pergi? Padahal Yesus tidak hanya menunjukkan jalan, tapi Dialah jalan itu, kita hanya ikut bersamaNya dan akan selalu bersama denganNya di manapun Yesus berada. 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'. Yesus yang menjadi penunjuk jalan untuk dapat sampai kepada Bapa. Dia yang mengajarkan segala kebenaran, menuntun dan memimpin secara pribadi, sehingga orang dapat melihat siapa itu Allah. Dalam diriNyalah Allah hadir secara nyata, yang mengasihi dan menyelamatkan umat manusia melalui wafat dan kebangkitanNya. Seluruh umat manusia diselamatkan oleh Yesus Kristus Tuhan. Dialah yang menggenapi sabda dan kehendak Tuhan dari semula, sebagaimana diingatkan oleh Paulus dalam kisah para rasul. Dia menegaskan:  'kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: AnakKu Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini. (Kis 13:32-33)

 

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkaulah jalan, kebenaran dan hidup. Ajarilah kami untuk taat dan setia dalam mengikuti Engkau, agar kelak dapat menikmati hidup kekal bersama Bapa di surga. Amin

 

 

Contemplatio

'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'.





Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012

Sabtu Hening