Jumat dalam Pekan Paskah VI, 26 Mei 2017

Kis 18: 9-18  +  Mzm 47  +  Yoh 16: 20-23

 

 

 

Lectio

Pada waktu bersabdalah Yesus: 'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku'.

 

 

Meditatio

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita'. Perasaan duka sempat akan terjadi pada diri murid, karena merasa ditinggalkan. Mereka tidak memandang dari mata ke mata. Dan sebaliknya dunia merasa gembira, karena mereka beranggapan sebagai orang-orang yang menang. Kemenangan mereka malah menjerumuskan mereka kepada alam maut. Namun dengan kehadiran Roh Kristus sendiri dalam diri mereka akan membuat mereka penuh sukacita, karena memang mereka akan semakin mengerti realitas kehidupan. Mereka akan mampu memandang dalam kacamata ilahi, karena Roh Kristus ada dalam diri mereka.

'Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia'. Diperlukan kemauan dan perjuangan. Orang dipaksa harus berani menabur dengan bercucuran air mata, maka dia akan menuai dengan sorak-sorai. 'Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu'. Karena Roh Kristus ada dalam diri mereka, dan mereka ada dalam RohNya yang kudus. Kegembiraan yang diterimanya bersifat abadi dan kekal. 'Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku'. Sekali lagi, semua terjadi karena Aku ada dalam kamu, dan kamu ada dalam Aku.

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku'. Mengapa? Karena memang segala-galanya tercipta dalam Dia, sang Putera tunggal Bapa. Bukankah memang segala kuasa di bumi dan di langit telah diserahkan Bapa kepada sang Putera, sebagaimana kita renungkan dalam hari raya KenaikanNya kemarin?

 

 

Oratio

Ya Yesus, ajarilah kami agar mampu bertahan dalam penderitaan sebagai jalan menuju keselamatan. Sebab Engkau sendiri yang hadir dalam diri kami. Amin

 

 

Contemplatio

'Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu'.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening