Kamis dalam Pekan Paskah VII, 1 Juni 2017

Kis 23: 6-11 + Mzm 16 + Yoh 17: 20-26

 

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka'.

 

 

Meditatio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa', yakni para murid, orang-orang yang terus megikuti Yesus dan mendengarkan langsung pengajaranNya, 'tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka', yakni mereka semua yang tidak pernah melihat langsung dengan mata kepalanya sendiri, tetapi berkat pengajaran para murid mereka menjadi orang-orang yang percaya kepada Kristus. Mereka adalah orang-orang yang rindu akan keselamatan. Aku berdoa bagi mereka semua, pertama 'supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita'. Ke 'esa' an Bapa dan Putera itulah yang hendak menyatukan semua orang yang percaya kepadaNya. Semuanya itu diharapkanNya, agar mereka yang fana itu, termasuk kita menjadi orang-orang yang kekal abadi, sebagaimana Tuhan Allah sendiri yang kekal adanya. Kedua, 'supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku'. Inilah kebenaran yang akan terus diwartakan, termasuk oleh Roh Penghibur yang dijanjikanNya, sebab Dia akan kembali 'kepada Bapa' (Yoh 16: 10). Maka mereka semua ini akan menikmati 'kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku', karena kebersatuan mereka semua dengan yang kekal abadi. Dia yang kekal abadi adalah luhur dan mulia.

'Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku'. Kehendak untuk menikmati keselamatan dan kemuliaan adalah kehendak Tuhan Allah sendiri. Tuhan Yesus menghendaki semua orang selamat, karena memang semua orang adalah milikNya, dan tercipta olehNya. Yesus yakin keinginan diriNya tidak berbeda dengan kehendak Bapa disurga, sebab bukankah Dia hanya melakukan segala pekerjaan yang diberikanNya; dan bukannya 'Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan', tegas Yesus sendiri.

'Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku'. Orang-orang yang percaya kepada Anak memang bukan lagi dari dunia. Kepercayaan mereka akan keselamatan menjadi orang-orang yang selamat; menjadi anak-anak terang, dan bukannya anak-anak kegelapan. Doa-doa dipanjatkan Yesus kepada Bapa hanya dengan satu tujuan, yakni 'supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka'.

 

 

Oratio

Ya Yesus, Engkau yang adalah sama seperti Bapa menghendaki setiap orang memperoleh keselamatan, maka ajarilah kami untuk semakin mengerti akan kebenaran yang Engkau sampaikan, yang membawa setiap orang pada hidup yang kekal. Amin

 

 

Contemplatio

'Supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka'.




Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012