Rabu dalam Pekan Paskah VI, 24 Mei 2017


Kis 17: 22-30  +  Mzm 148  +  Yoh 16: 12-15

 

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus bersabda: 'masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'.

 

 

Meditatio

'Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya', tegas Yesus. Kenapa mereka tidak bisa menanggungnya? Apakah karena kesedihan hati sebab merasa hendak ditinggalkan? Atau memang SDM mereka yang kurang, mengingat  melalui aneka perumpamaan saja mereka juga tidak menangkapnya? 'Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran'. Hebat kali Roh Kebenaran itu. Mengapa? Karena Roh Kebenaran adalah Roh Allah sendiri yang akan menyemangati para murid dalam memahami misteri Allah. Setiap murid akan mudah memahami misteri Allah karena Roh Allah sendiri yang mendampingi. Roh Kebenaran itu juga 'tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya', bahkan 'Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang', karena wahyu Allah akan terus berlangsung sampai pada kepenuhannya di akhir jaman. Penyertaan Yesus melalui RohNya akan menghantar setiap orang sampai akhir jaman.  

'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Semuanya bisa terjadi karena memang Roh itu adalah RohNya sendiri. Dia adalah kehadiran Kristus dalam RohNya. Dia adalah kehadiran Allah sendiri, sebab 'segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Bukankah memang Aku ada di dalam Bapa ,dan Bapa ada di dalam Aku?

 

 

Oratio

Ya Yesus, berilah kami ketekunan dan kesabaran dalam menanti kedatangan Roh Kebenaran yang Kau janjikan itu, yang akan membawa kami pada kebenaran, yakni hidup yang kekal. Amin

 

Contemplatio

'Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran'.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening