Sabtu dalam Pekan Paskah VI, 27 Mei 2017

Kis 18: 23-28  +  Mzm 47  +  Yoh 16: 23-28

 

 

 

Lectio

Pada waktu bersabdalah Yesus: 'pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.

 

 

Meditatio

'Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu', tegas Yesus. Yesus mengajak para muridNya untuk berani meminta dan meminta, yang semuanya akan membuat hati mereka penuh sukacita, dan 'segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku'. Sebab memang bukankah semua tercipta dalam namaNya? 'Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu'. Orang memang harus berani meminta dan meminta, berjuang dan berjuang, yang semuanya membutuhkan kesetiaan; sekali lagi tidak ubahnya dengan orang yang hendak melahirkan, yang memang harus mengalami rasa sakit, tetapi setelah kelahiran sang buah hati akan membuat dunia semakin terasa indah.

'Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'. Kebersatuan Anak dengan Bapa, dan Bapa dalam Anak semata-mata memang hanya demi kita umat manusia. Allah itu memang adalah Raja seluruh bumi, sebagaimana dilambungkan dalam Mazmur hari ini (Mzm 47). Kasih karunia Allah yang dilimpahkan oleh Tuhan Allah hanya demi umatNya, orang-orang yang dikasihiNya. Dan siapakah orang-orang yang dikasihiNya itu? Mereka adalah orang-orang yang mau mendengarkan sabda Tuhan dan melakukan kehendakNya, karena memang merekalah orang-orang yang mengasihi Tuhan yang selalu hadir dalam diri umatnya.

 

 

Oratio

Ya Yesus, kami bersyukur untuk kasihMu itu, kiranya kami selalu diingatkan ketika mengalami suka duka, bahwa Engkau selalu memelihara kami dan semakin bertekun dalam mendengarkan sabdaMu. Amin

 

 

Contemplatio

'Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'.

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening