Selasa Pekan Paskah IV, 9 Mei 2017


Kis 11: 19-26  +  Mzm 87  +  Yoh 10: 22-30

 

 

 

Lectio

Suatu hari pada hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.  Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."

 

 

Meditatio

Suatu hari pada hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.  Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Apakah Yesus lagi bangga dengan bangunan bait Allah? Atau Yesus lagi merasa capek, maka Dia berjalan keliling untuk beristirahat dan menarik nafas? Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: 'berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami'. Akulah Pintu. Akulah Gembala. Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup, tidak ada orang yang sampai kepada Bapa jika tidak melaluiAku. Akulah Pokok Anggur. Barangsiapa melihat Aku melihat Bapa. Barangsiapa percaya kepadaKu akan beroleh hidup kekal. Apakah semuanya ini kurang jelas dan tidak bisa dimengerti oleh mereka? Yesus menjawab mereka: 'Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku'. Yesus memang sudah menyampaikan beberapa kali tentang pekerjaan yang dilakukanNya. Kalau tidak percaya kepadaKu, percaya sajalah kepada pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan. Mereka tidak percaya karena mereka bukan termasuk kawanan domba yang dipercayakan dan tidak ditarik oleh Bapa kepada Kristus. Apakah boleh kita berkata demikian? Apakah mereka ini tidak termasuk domba-domba yang berasal dari luar kandang yang disebutkan Yesus?  Tetapi bukankah Yesus juga menegaskan bahwa mereka pun akan dituntunNya?

'Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku'. Inilah rumusan kawanan domba yang diberikan oleh Yesus. Mereka adalah orang-orang yang mau mendengarkan suaraNya, dan kepada merekalah Yesus sendiri telah menyerahkan nyawaNyamenjadi kurban tebusan. Mereka semua adalah milik Kristus yang hidup. 'Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa'. Sekali lagi mereka adalah orang-orang yang ditarik Bapa dan diserahkanNya kepada Anak. Secara structural dn fungsional Yesus amat setia membandingkan tugas yang diterimaNya dari Bapa, tetapi tak dapat disangkal, Yesus tetap menegaskan: 'Aku dan Bapa adalah satu', karena memang Bapa ada dalam Anak, dan Anak ada dalam Bapa.

 

 

 

Oratio

Ya Tuhan Kristus, Engkau Gembala kami. Engkau selalu menyatakan diri kepada kami. Engkau meminta kami untuk percaya dan percaya kepadaMu. Buatlah kami semakin setia kepadaMu, karena selalu Engkau telah menyatakan diri kepada kami, Engkau melimpahkan rahmat dan berkatMu bagi kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa'.

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012