Senin dalam Pekan Paskah VI, 22 Mei 2017

Kis 16: 11-15  +  Mzm 149  +  Yoh 15:26 – 16:4

 

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus bersabda: 'jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.  Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'.

 

 

Meditatio

'Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku', tegas Yesus. Dia akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (Yoh 14: 26). Itulah yang pernah disampaikan Yesus kepada para murid, kepada kita kita semua. 'Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku'. Selain Roh Kudus yang akan berkata-kata dalam diri para muird, mereka harus bersaksi karena memang dari semula mereka selalu bersama Yesus.  

Mengapa seseorang yang mengalami kehadiran Roh Kudus harus berani bersaksi? Perlukah bersaksi itu? Ini permintaan Yesus sendiri! Wajib hukumnya. 'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku'. Yesus mengingatkan para murid akan segala yang hendak terjadi pada diri para murid.  Kepercayaan mereka membawa resiko  hidup, dan menjadi salib yang harus mereka panggul. Yesus meminta mereka memberi kesaksian, karena Yesus tahu akan segala yang terjadi pada diri murid-muridNya.  'Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku'. Mereka akan dikucilkan, didera dan dibenci oleh dunia; bahkan dunia akan membunuh mereka. Yesus telha mengalami terlebih dahulu tentang perlakukan dunia terhadap diriNya.

'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'. Yesus hanya memberitahu dan memberitahu. Yesus tidak menghilangkan tantangan yang akan mereka hadapi.  Bukankah dunia juga mempunyai kebebasan untuk bertindak ini dan itu. Bapa, Aku berdoa bagi mereka, dan bukan bagi dunia; dan  'Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat' (Yoh 17: 15)

 

 

Oratio

Ya Yesus, ajarilah kami untuk berani memberi kesaksian kepada orang-orang yang ada di sekitar kami. Ajarilah kami menikmati kehadiranMu dalam Roh Kudus yang selalu memperbaharui diri kami.

Ya Roh Kudus, gerakanlah diri kami dalam menikmati panggilan hidup kami. Amin.

 

 

Contemplatio

'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'.

 

 

 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012