Rabu Pekan Biasa XIV, 12 Juli 2017

Kej 42: 5-24  +  Mzm 33  +   Mat 10: 1-7

 

 

Lectio

Pada saatu kali Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat".

 

Meditatio

Pada suatu kali Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Yesus secara sengaja memilih hanya dua belas murid secara khusus, atau yang kita sebut Rasul, guna melanjutkan tradisi kedua belas suku Israel yang memang menjadi orang-orang pilihanNya sebagai bangsa milikNya sendiri. Mereka diberi kuasa yang hebat, yang membuat orang berdiri kokoh bebas dari kuasa kegelapan dan aneka penderitaan. Bagaimana konkritnya dalam pelaksanaan karya pelayanan mereka? Tidak disebutkan, yang kiranya menjadi pemahaman kita, bahwasannya kedua belas murid itu benar-benar mempunyai kuasa.

Inilah nama kedua belas rasul itu: pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Catatan apa yang kita ingat tentang kedua belas murid ini? Matius penulis Injil tidak banyak memberi catatan tentang mereka. Minimal  ada dua pasang orang yang terikat persaudaraan, Simon dan Andreas, dan Simon sendiri akan disebut Petrus. Serta Yakobus dan Yohanes. Matius adalah seorang pemungut cukai, dan Simon adalah seorang Zelot, bahkan ada Yudas Iskariot yang pada akhirnya akan mengkhianati Yesus, sang Guru. Yesus tahu siapakah mereka, tetapi Yesus tetap memilih mereka, dan bukan yang lain.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: 'janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Kerajaan Surga akan segera diwartakan karena memang sudah dekat. Sejauh mana dekatnya? Kedatangan Kristus Tuhan adalah kedatangan Kerajaan Surga, karena Dialah sang Empunya kehidupan. Surga adalah kehidupan surgawi yang tak mengenal kebinasaan. Surga adalah kehidupan kekal. Menerima Yesus berarti menikmati Kerajaan Surgawi. Dia sudah datang dan ada di tengah-tengah umatNya. Dia sudah dekat, karena memang banyak orang melihat dengan mata kepalanya dan mendengar dengan telinga, tetapi belum berani mengamini dengan hati dan budinya. Terlebih mereka orang-orang Israel yang memang semenjak awal telah menjadi umat pilihan. Maka secara khusus Yesus mengingatkan, agar pewartaan pertama-tama diarahkan untuk domba-domba yang hilang dari Israel. Umat pilihan memang tentunya didahulukan daripada lainnya, tetapi tak disangkal setiap orang yang percaya kepadaNya akan menikmati Kerajaan surga yang memang diperuntukkan bagi seluruh umat manusia.

Apakah perhatian terhadap kawanan domba dari umat Israel itu pengistimewaan? Benar! Karena memang mereka kaum pilihan, bangsa yang kudus. Namun tak dapat disangkal bisa diartikan sebagai teguran halus, karena ketidakmauan mereka dalam menikmati karunia istimewa dan luhur dan mulia itu. Mereka didahulukan karena adanya catatan kritis terhadap mereka. Yusuf yang mengganggu para saudaranya dengan minta para saudaranya membawa adik bungsu mereka (Kej 42).

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau mengetahui segala kekurangan dan kelemahan kami, tetapi Engkau tetap memilih kami sebagai orang-orang pilihanMu. Maka bukalah hati dan budi kami, agar mampu melihat kehadiranMu yang menyelamatkan. Amin

  

Contemplatio

'Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, 12 Agustus 2012