Kamis Pekan Biasa XXV, 28 September 2017


Hag 1: 1-8 + Mzm 149 + Luk 9: 7-9

 

 

Lectio

Pada suatu hari Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan ia pun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati.  Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit.  Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

 

 

Meditatio

Pada suatu hari Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan ia pun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Kehadiran Yesus membawa kecemasan bagi banyak orang memang, khususnya Herodes, yang telah membunuh Yohanes Pembaptis. Ketakutan dan kecemasan Herodes wajar, mengingat peristiwa pembunuhan Yohanes, yang adalah tanggungjawab dia sebagai seorang raja.  Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Adanya banyak suara tentang Yesus membuat Herodes semakin gelisah.

'Yohanes telah kupenggal kepalanya', tegas Herodes. Dia berkata semacam itu bukan hendak menunjukkan kejantanan dirinya dan kebertanggungjawaban pribadi di hadapan banyak orang, melainkan sepertinya hendak memastikan bahwa Yohanes telah mati, dan dirinya yang telah melakukannya. Pernyataan Herodes hendak menghilangkan kegamangan dirinya.

'Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?', seru Herodes, yang tentunya bukan karena kerinduan, melainkan hanya untuk menjawabi kegelisahan diri. Apakah kita mencari Yesus hanya untuk menutupi kegelisahan diri, dan bukan untuk mendapatkan keselamatan daripadaNya? Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, kami bukanlah Herodes yang mencari Engkau karena kegelisahan diri, tetapi kami mencari Engkau karena hanya dalam diriMu lah sumber keselamatan, Engkaulah jalan, kebenaran dan hidup bagi kami. Amin

 

Contemplatio

'Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?'.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening