Pesta Santo Mikhael, Rafael dan Gabriel, Malaikat-malaikat Agung, 29 September 2017


Dan 7: 9-14 + Mzm 138 + Yoh 1: 47-51

 

 

Lectio

Ketika  melihat Natanael datang,  berkatalah Yesus tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

Meditatio

Ketika  melihat Natanael datang,  berkatalah Yesus tentang dia: 'lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'. Yesus ternyata telah mengenal sungguh siapakah Natanael ini. Bukankah memang Allah itu mengenal hati setiap umatNya? Natanel adalah seorang yang jujur. Namun kata-kata Yesus itulah yang mengagetkan Natanael:  'bagaimana Engkau mengenal aku?'. Bukankah kita baru saja berjumpa di sini? Namun Natanael pun akhirnya berkata: 'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!', setelah Yesus berkata kepadanya: 'sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara'. Sebab penyataan Yesus itu benar-benar menegaskan, sebelum kalian berkata-kata Aku telah mengenal engkau. Benarlah yang disampaikan Tuhan sendiri melalui pemazmur: 'TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN' (Mzm 139: 1-4). Natanael benar-benar merunduk di hadapan Yesus, yang memang ternyata Dialah Sesuatu yang indah yang muncul dari tengah-tengah Nazaret. Namun bukan soal tempat asal dari mana Dia, terlebih karena Dia mengenal kita sebelum kita mengenal Dia.

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Kuasa Yesus sang Guru, yang adalah Tuhan Allah sang Empunya kehidupan akan ditampakkan kepada Natanael, sebagai anugerah atas kepercayaannya kepada Orang Nazaret itu. Segala yang dinikmati oleh Yohanes sebagaimana tersurat dalam kitab Wahyu (Why 21) juga akan dinikmati oleh Natanael sebagaimana dijanjikan oleh Yesus.

Siapakah para malaikat itu? Kita tidak mampu membahas mereka, karena mereka tidak pernah atau jarang menampakkan secara kasad mata di hadapan manusia; walau tak dapat disangkal, mereka sering hadir guna menyatakan kehadiran Allah sendiri dalam peristiwa kehidupan umatNya. Ada banyak malaikat tentunya, tetapi sepertinya ada 3 malaikat agung yang sering disebut-sebut. Mereka itu Mikhael (bhs Ibrani), yang arti nama itu adalah 'Siapa yang seperti Allah'. Santo Mikhael sudah digambarkan sejak zaman permulaan agama Kristen sebagai panglima bala tentara surgawi, dengan tangan kanan menggenggam sebatang tombak yang ia gunakan untuk menyerang setan, dan tangan kiri menggenggam sepelepah daun palem. Pada pangkal mata tombaknya terikat sehelai panji-panji dari kain lenan bergambar salib merah. Malaikat Agung Mikhael adalah Penjaga Iman melawan bidah.

Gabriel berarti 'Allah kekuatanku'. Ia adalah pewarta misteri-misteri Allah, teristimewa inkarnasi Allah (Luk 1) dan seluruh misteri lain yang terkait dengannya. Ia digambarkan sebagai sebagai berikut: Tangan kanannya menggenggam sebuah lentera dengan sebatang lilin bernyala di dalamnya, dan tangan kirinya menggenggam sebuah cermin dari jasper hijau. Cermin melambangkan hikmat Allah sebagai sebuah misteri yang tersembunyi.

Rafael berarti 'Allah yang menyembuhkan' (Tb 3). Rafael digambarkan sedang menuntun Tobit dengan tangan kanannya, dan membawa sebuah cawan obat dari alabaster dengan tangan kirinya.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau mengenal kami satu persatu, bahkan ketika kami baru terbentuk dalam rahim, kiranya kamipun mampu mengenali Engkau yang Empunya kehidupan dan seperti Natanael boleh menikmati anugerah indah  dan perlindungan dari para malaikat pelindung kami.

Santo Mikhael, Rafael dan Gabriel, doakanlah kami. Amin

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening