Sabtu Pekan Biasa XXVII, 14 Oktober 2017

Yl 3: 12-21 + Mzm 97 + Luk 11: 27-28

 

 

Lectio

Pada suatu kali ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau." Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

 

 

Meditatio

Pada suatu kali ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: 'berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau'. Apakah perempuan itu mempunyai penghormatan terhadap Maria sang ibu Tuhan? Atau dia memang merasakan bangganya seorang ibu yang mengandung, melahirkan dan menyusui Yesus? Betapa bahagianya kalau dia mengalami sendiri. Atau dia malah sedang mengalami persoalan keluarga, khususnya dengan anak asuhnya, sehingga dia membayangkan betapa bahagianya kalau anaknya itu seperti Yesus? Namun tak dapat disangkal, perempuan itu bangga terhadap Yesus yang penuh wibawa dan suci, juga terhadap sang ibu yang menyusuiNya.

'Yang berbahagia', tegas Yesus kepada semua orang yang mendengarkan pengajaranNya, 'ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya'. Sebab merekalah memang ibu dan saudara dan saudariKu (Mat 12), dan mereka empunya Kerajaan Surga. Mendengarkan sabdaNya juga akan menutup segala kemungkinan yang pernah dinubuatkan oleh Yoel, bahwasannya Tuhan Allah akan meminta para malaikatNya mengayunkan sabit di tengah-tengah umatNya (Yl 3: 12-21).

Kiranya juga tetap menjadi peringatan bagi kita, bahwasannya orang-orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan melaksanakan itu, tetap terkena segala bentuk hukum alam dan aneka tantangan dan rintangan di dunia ini, malah tak jarang yang satu baru selesai datang yang lain. Melakukan hukum dan kehendak Tuhan tidak membebaskan kita dari sengatan terik matahari di siang hari.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau menyebut mereka berbahagia yang mendengarkan sabdaMu dan melakukannya. Kamipun menyadari, bahwa kami yang telah mengamini sabdaMu juga tidak luput dari pelbagai masalah, tetapi kami percaya dengan berjalan bersama Engkau kami akan kuat dalam menghadapinya. Terima kasih ya Yesus. Amin

 

Contemplatio

'Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau'.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening