Selasa Pekan Biasa XXVII, 10 Oktober 2017

Yun 3: 1-10 + Mzm 130 + Luk 10: 38-42

 

 

Lectio

Pada suatu kali ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,  sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

 

 

Meditatio

Pada suatu kali ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Kampung mana? Apakah Betania tempat tinggal Lazarus yang disebutkan mempunyai dua orang saudari, Marta dan Maria? (Yoh 11). Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,  sedang Marta sibuk sekali melayani. Lukas tidak memberi keterangan apa-apa. Mengapa Marta sibuk seorang diri dan mengapa juga Maria hanya duduk berdiam diri di dekat kaki Yesus. Mengapa mereka melakukan semua seperti itu? Namun tak dapat disangkal, mereka berdua sedang melakukan dua kegiatan yang berbeda satu dengan lainnya.

Marta mendekati Yesus dan berkata: 'Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku'. Mengapa Marta mengeluh dan memprotes Tuhan Yesus? Mengapa Marta menuduh Yesus sebagai Orang yang tidak peduli terhadap dirinya? Mengapa dia tidak langsung meminta Maria untuk sejenak membantu dirinya? Tetapi Tuhan menjawabnya: 'Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya'. Penyataan Yesus ini hendak menegaskan, bahwa Marta ternyata salah pilih mengambil keputusan dalam berjumpa dengan sang Guru. Marta terlalu banyak melakukan aneka hal, tidak demikian dengan  Maria. Menerima kehadiran Yesus tidaklah harus dengan aneka bentuk pelayanan atau aneka kegiatan yang harus dilakukan. Menerima kehadiran Yesus berarti menjadikan Yesus sebagai pusat perhatian. Adapun banyak kegiatan yang kita lakukan kalau Yesus tidak menjadi perhatian utama sepertinya kurang berkenan kepadaNya. Menerima kehadiran Yesus berarti menjadikan Dia sebagai perhatian utama kita, dan bukan yang lain. Perhatian utama kepada Yesus Tuhan sepertinya harus kita lakukan sendiri, dan tidak boleh diwakilkan, karena perhatian itu harus menjadi milik kita, dan tak seorang pun dapat mengambil semuanya itu daripadanya.

'Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air. Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya. Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa' (Yun 3: 1-10). Inilah pengumuman raja terhadap seluruh masyarakat Niniwe, yang diminta untuk menaruh perhatian utama akan kehadiran Tuhan. Sebab Tuhan sendiri akan datang menunggangbalikkan Niniwe atas dosa yang telah dilakukannya, sebagaimana diwartakan Yunus kepada mereka. Akhirnya perhatian utama yang hanya diberikan kepada Tuhan membuat mereka menjadi orang-orang yang yang tetap eksis di Niniwe, karena 'menyesal-nya Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Ia pun tidak jadi melakukannya'.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami agar mampukan mengarahkan hati hanya kepadaMu sebab hanya itulah yang berkenan kepadaMu. Mengutamakan Engkau di atas segala-galanya. Amin

 

Contemplatio

'Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya'.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening