Sabtu Pekan Adven II, 16 Desember 2017

Sir 48: 1-11 + Mzm 80 + Mat 17: 10-13

 

 

Lectio

Pada waktu itu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

 

Meditatio

'Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu', tegas Yesus kepada para muridNya, yang sekaligus menjawab mengapa Elia harus datang lagi. Dia dinubuatkan untuk datang kembali, 'dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka'. Mengapa mereka tidak kenal Elia? Karena gambaran mereka tentang Elia berbeda dengan keberadaan Elia yang sebenarnya. Mereka memandang segala sesuatu sesuai dengan kemauan diri mereka. Mereka memandang dan mengerti Elia, bukan sebagaimana tugas perutusan Elia, melainkan sesuai dengan kemauan mereka. Apakah mereka sangat dipengaruhi oleh tulisan Sirah tentang Elia, sebagaimana dituliskannya dalam Sir. 48: 1-11? 'Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka'.

Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis. Ketika Yesus mensejajarkan diri dengan siapa yang dimaksudkan sebagai Elia, barulah mereka mengerti siapakah Elia yang dimaksudkan itu. Dua tokoh di jaman Mesianis itu adalah Yohanes Pembaptis dan Yesus.

Apakah kita mempunyai konsep akan kedatangan Kristus yang kedua? Entah bagaimana cara kehadiranNya, baiklah kita percayakan dan serahkan kepada Dia sendiri yang akan hadir. Kemuliaan bagaimana yang kita bayangkan dengan kehadiranNya, baiklah kita tidak memakai ukuran yang kita miliki. Semeriah apa sorak-sorai para kudus dan para malaikat yang mengiringiNya, baiklah kita tidak juga menggambarkannya secara detail. Keagungan dan kesemarakan aneka nubuat tentang kedatanganNya hendaknya tidak menjadi batasan bagaimana Dia akan hadir di tengah-tengah kita. Namun kiranya Dia akan hadir, dan menyelamatkan kita dengan memberikan kemuliaan surgawi itulah yang kita dambakan dan kita rindukan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, berikan kami ketekunan dan keteguhan iman dalam menantikan kedatanganMu. Berjaga dalam doa, agar kedapatan setia sampai saatnya tiba. Amin

 

Contemplatio

'Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka'.











Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis