Pesta Bertobatnya Santo Paulus, 25 Januari 2018

Kis 22: 3-16 + Mzm 117 + Mrk 16: 15-18

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

 

Meditatio

Ada beberapa pesan yang disampaikan Yesus dalam tugas perutusan ini. Pertama, 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Kedua, siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Ketiga, tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh'.

'Sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu dihapuskan', itulah pinta Ananias yang benar-benar dikenang oleh Paulus, dan Paulus pun dibaptis. Paulus merasa bersyukur dan berterima kasih atas kasih Tuhan yang telah diterimanya. Ananias sebelumnya telah mengingatkan: 'Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya. Karena itu, engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar' (Kis 22: 16-18); dan itu pun dilakukan juga dengan penuh semangat oleh Paulus. Celakalah aku, jika aku tidak mewartakan Injil. Inilah yang pernah dikatakannya. Dia telah menerima banyak, dan dia pun akhirnya berani banyak memberi pula. Mati bagiku adalah keuntungan.

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur atas rahmat yang Kau anugerahkan kepada kami. Kiranya melalui sabdaMu hari ini kamipun berani meneladani sikap Paulus yang berani datang dan mengikuti kehendakMu.

Santo Paulus, doakanlah kami, agar kami semakin berani bertobat. Amin

 

Contemplatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'.

 










Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Senin Pekan Biasa XVIII, 7 Agustus 2017

Selasa XXX, 26 Oktober 2010