Selasa Pekan Biasa III, 23 Januari 2018

2Sam 6: 12-19 + Mzm 24 + Mrk 3: 31-35

 

 

Lectio

Pada suatu kali, datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

 

Meditatio

'Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku', kata Yesus sambil melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya. Apakah perkataan ini tidak menjadi tamparan bagi ibu dan saudara-saudaraNya? Kalau orang berkata lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau,  membuktikan bahwa, mereka amat menghormati peranan keluarga dalam diri seseorang. Kehebatan seorang anak adalah prestasi bagi keluarga.

Keluarga Yesus adalah orang-orang yang diselamatkan. Mereka adalah yang menikmati keselamatan abadi, karena memang Dia sendiri adalah abadi. Keluarga Yesus adalah mereka yang selalu berada di manapun Yesus berada. Mereka itu tentunya orang yang sealiran dan sejalan dengan Yesus sendiri yang datang hanya untuk melakukan kehendak Allah Bapa di surga. Tepatlah apa yang dikatakan Yesus 'ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku, yakni mereka melakukan kehendak Allah'.

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau memilih kami menjadi saudara dan saudariMu, mampukan kami untuk semakin berani dalam melakukan kehendakMu. Khususnya dalam membantu orang-orang yang dianggap sampah dalam masyarakat. Terima kasih ya Yesus atas anugerahMu ini. Amin

 

Contemplatio

'Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku',

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis