Senin Pekan Prapaskah II, 26 Februari 2018

Dan 9: 4-10 + Mzm 79 + Luk 6: 36-38

 

 

Lectio

Pada suatu kali, Yesus berkata kepada para muridNya: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.

 

Meditatio

Pada suatu kali, Yesus berkata kepada para muridNya: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati'. Kita dapat membayangkan kemurahan hati Tuhan yang mengatasi segala. Kita dapat membayangkan kasih Tuhan yang memberikan hujan, baik bagi mereka yang jahat ataupun bagi orang saleh atau sesat. Kita diminta untuk bersikap dan bertindak sebagaimana Allah melakukannya bagi kita umatNya, orang-orang yang dikasihiNya. Berani kita orang-orang yang percaya kepadaNya? 'Apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?'.

'Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi; dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi'. Benarlah memang yang semenjak semula sudah disampaikan Tuhan Allah sendiri melalui Tobit, bahwa segala yang tidak kita kehendaki sendiri, janganlah kau perbuat terhadap orang lain (Tb 4: 16). Sebab tak dapat disangkal, dalam hidup bersama pasti akan terjadi, bahwa 'ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'. Malahan kita ini telah menerima banyak: 'suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu', maka baiklah kalau mau berani mendahului memberi hormat kepada orang lain, memberi salam bukan saja kepada saudara dan saudari kita. Sangatlah tepat kalau kita tidak hanya mengasihi mereka yang mengasihi kita, tetapi juga berdoa bagi mereka yang melawan dan memusuhi kita, sebagaimana yang kita renungkan Sabtu kemarin.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, mampukan kami untuk mengasihi dan mengampuni mereka yang menyakiti kami, agar kami layak menjadi anak-anakMu seperti yang Bapa kehendaki. Kiranya takaran yang padat dan yang tumpah keluar juga tercurah bagi kami. Amin

 

Contemplatio

'Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi; dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi'.









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Senin Pekan Prapaskah I, 19 Februari 2018

Selasa XXX, 26 Oktober 2010