Kamis Pekan Biasa XV, 19 Juli 2018

Yes 26: 16-19 + Mzm 102 + Mat 11: 28-30



Lectio

Yesus berkata kepada para muridNya: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'.

 

Meditatio

Yesus berkata kepada para muridNya: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu'. Yesus mengundang mereka, orang-orang kecil itu, yakni semua yang letih lesu dan berbeban berat. Mereka benar-benar orang-orang yang membutuhkan uluran tangan yang penuh belaskasih. Mereka adalah orang-orang yang membutuhkan penghiburan dan sukacita. Yesus mengundang mereka untuk mendapatkannya. 'Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'. Kuk apa yang ringan, yang dimilkiNya? Bukankah semua perintah-perintahNya itu mengatasi, dan bahkan berlawanan dengan kecenderungan insani? Tuhan Yesus berkata-kata demikian, karena tentunya Dia tidak akan membiarkan umat yang dikasihiNya itu berusaha seorang diri. Bukankah pelbagai karuniaNya itu dilimpahkan, guna melengkapi mereka? Bukankah Dia itu sang Gembala yang selalu memperhatikan kawanan dombaNya? Bukankah Engkau selalu memandang bumi dari surga, sebagaimana dilantunkan Mazmur? (102). Yesus sangat mengharapkan kedatangan orang-orang yang dikasihiNya itu, sebab 'Aku lemah lembut dan rendah hati, dan jiwamu akan mendapat ketenangan', tegasNya.

 

Oratio

Ya Yesus, Engkau penuh belaskasih dan sumber pengharapan bagi setiap orang yang mau datang kepadaMu. Kami bersyukur kepadaMu ya Yesus, boleh mengenal dan menjadi anak-anakMu yang turut serta dalam menikmati kemuliaan bersamaMu kelak. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu'. Yesus mengundang orang-orang yang membutuhkan uluran tangan yang penuh belaskasih. Baiklah kalau kita berani datang.

Kedua, 'pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan', karena penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita (Rom 8: 18)

 

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Senin Pekan Prapaskah I, 19 Februari 2018