Selasa Pekan Biasa XV, 17 Juli 2018

Yes 7: 1-9 + Mzm 48 + Mat 11: 20-24



Lectio

Suatu hari Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."


Meditatio

Pertama, 'celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.

Kedua, 'dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.

Inilah kedua kecaman keras yang diberikan Yesus kepada orang-orang Khorazim, Betzaida dan Kapernaum. Yesus mengecam mereka, orang-orang yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya. Apakah Yesus pamrih dengan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan selama ini? Bukankah Dia adalah Tuhan Allah yang murah hati, yang memberi hujan dan panas matahari kepada semua orang, entah mereka orang baik atau pun jahat? Tentunya mereka juga tidak mengucap syukur kepadaNya atas segala yang baik dan indah, yang mereka terima dari Tuhan.

Yesus bukannya pamrih. Dia menegur dan mengecam mereka, supaya mau berbalik kepadaNya dan menikmati keselamatan. Hanya dari Tuhan Allah ada kehidupan dan keselamatan. Mereka mendapatkan kecaman Tuhan, karena mereka menikmati pelbagai anugerahNya, tetapi mereka sekaligus berbuat jahat terhadap sesama. Mereka pasti tetap berseru Tuhan, Tuhan, tetapi mereka tidak melakukan segala kehendakNya. Tanggungan Tirus, Sidon dan Gomora akan lebih ringan dari pada tanggungan mereka, karena ketidakmauan mereka memilih yang terbaik dan mendatangkan keselamatan, sebagaimana telah ditawarkan kepada mereka. Kepercayaan dan melakukan kehendakNya itulah yang mendatangkan keselamatan. Permintaan ini juga pernah disampaikan Allah kepada keluarga Daud, ketika menghadapi kepungan Aram (Yes 7: 1-9).

 

Oratio

Ya Yesus, kami bersyukur kepadaMu atas segala rahmat dan anugerahMu dalam kehidupan kami, kiranya kami tidak terlena di dalamnya dan lupa dalam melakukan kehendakMu. Janganlah kecaman terhadap Khorazim dan Betsaida juga jatuh kepada kami. Amin

 

Contemplatio

Yesus mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya. Mari kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan, yang selalu memperhatikan dan menjaga kita. 'Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?'; hendaknya kata-kata ini tidak disamakan kepada kita.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis