Kamis Pekan Biasa XXVII, 11 Oktober 2018

Gal 3: 1-5 + Mzm + Luk 11: 5-13

 

 

Lectio

Pada suatu kali kata Yesus kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;  masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.  Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

 

Meditatio

Pada suatu kali kata Yesus kepada mereka: 'jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;  masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.  Aku berkata kepadamu: sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya'. Sebuah permohonan yang mendesak dan darurat akan selalu mendapatkan perhatian. Kiranya persahabatan juga akan mendatangkan berkat bagi setiap orang. Kasih menutupi segala sesuatu (1Kor 13). Banyak teman, banyak rejeki.

'Oleh karena itu Aku berkata kepadamu', tegas Yesus kepada para muridNya, 'mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu'.  Yesus memberi jaminan kepada setiap orang untuk berani meminta dan meminta. Barangsiapa berusaha pasti mendapatkan balasan.  'Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan'. Itulah rumusan umum memang. Adakah orang yang meminta, tetapi tidak mendapat? Yang mengetuk pintu, tidak dibuka? Yang mencari, tidak mendapatkan sesuatu? Atau malah sebaliknya, ada orang yang meminta, dan kita tidak mau memberi? Ada yang ketuk pintu, dan kita tidak mau membukakannya?  Persoalan muncul, karena kita ingin sekarang meminta, sekarang juga terkabulkan.

Barangsiapa memohon, Tuhan Allah akan mengabulkannya.  'Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!', tegas Yesus. Bukankah juga Tuhan Allah tahu apa yang menjadi kebutuhan umatNya? (Mzm 139). Walau tak dapat disangkal, seperti orangtua, yang tidak mengabulkan kemauan anak-anaknya yang ingin memegang ular berbisa, demikian Tuhan Bapa di surga. Allah sungguh baik, bahkan 'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'. Allah memberikan RohNya sendiri kepadada setiap orang yang merindukannya. Bukan saja pelbagai anugerahNya, malah RohNya sendiri yang kudus.

Tentunya seluruh sabda Tuhan ini benar-benar menjadi penghiburan bagi orang-orang yang percaya kepadaNya. Dan bukankah kita sudah menikmati bimbinganNya dan beroleh aneka karunia Roh KudusNya, berkat sakramen baptis dan krisma? Adakah kita hendak mengakhirinya dengan dalam daging, (Gal 3: 3), guna mendapatkan kepuasan diri? Mari kita berani memiih berani memilih yang terbaik, yang mendatangkan keselamatan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur atas rahmat kasihMu yang besar bagi kami, kiranya kami semakin mengerti dalam memohon kepadaMu. Kami percaya bahwa Engkau selalu memberikan yang terbaik dan tepat pada waktunya. Namun teguhkan kami untuk selalu setia dalam aneka kebaikanMu. Puji dan syukur hanya kepadaMu, ya Yesus. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?'. Betapa lagi tentunya Bapa di surge. Dia selalu memberikan hujan bagi semua orang, tanpa memandang muka.

Kedua, 'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'. Bimbingan Roh Kudus hanya ditampakkan pada diri seseorang yang gemar mendengarkan sabda dan melakukannya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Senin Pekan Prapaskah I, 19 Februari 2018