Rabu Pekan Biasa XXX, 31 Oktober 2018

Ef 6: 1-9 + Mzm 145 + Luk 13: 22-30

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?"  Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."

 

Meditatio

Pada waktu itu Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Ada seorang yang berkata kepada-Nya: 'Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?'. Kenapa dia bertanya seperti itu? Apaah dia mengetahui betapa sulitnya memahami kitab suci? Atau hidup orang pada jamannya banyak yang amburadul?  Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: 'berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Aku berkata kepadamu: banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat'.  Memasuki Kerajaan Surga atau menjadi orang-orang yang diselamatkan membutuhkan banyak usaha dan perjuangan yang tidak sedikit. Banyak orang telah berusaha, tetapi gagal juga.

'Jika Tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Maka kamu akan berkata: kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!'. Perumpamaan ini mengingatkan, agar kita tidak mengulur-ulur waktu dalam mengejar keselamatan. Segala kebajikan dan kebaikan yang sudah kita nikmati, sepertinya akan sirna begitu cepatnya, kalau memang kita tidak menaruh perhatian padaNya, dan bahkan melakukan kejahatan.

Di sana, yang jauh dari hadapanNya, 'akan terdapat ratap dan kertak gigi', sebaliknya, 'di dalam Kerajaan Allah akan tampak Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi dalam sukacita, dan 'banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan akan duduk makan'.

'Sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir'. Mereka itu adalah orang-orang yang menerima kasihNya yang menyelamatkan, tetapi tidak mau merasakannya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami selalu untuk selalu berbangga hanya dalam namaMu. Sebab kami dapat melakukan segala sesuatu hanya karena Engkau merahmatinya, Engkau membantu kami. Semoga kami dapat melayani sesama kami, seperti kami melayani Engkau sendiri. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?'. Apakah saya termasuk orang-orang yang diselamatkan? Pertanyaan ini harus kita ajukan juga.

Kedua, berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Aku berkata kepadamu: banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat'.  Memasuki KerajaanNya membutuhkan banyak usaha dan perjuangan.

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Pesta Maria mengunjungi Elizabet